Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Kamis, 13 September 2018 / 19:10 WIB

10 Dokter UII Laksanakan Khitanan Massal di Timor Leste

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sebanyak 10 orang dokter UII, di antaranya 3 dokter spesialis bedah dan sisanya dokter umum dikirim ke Timor Lester. Mereka akan melaksanakan bakti masyarakat bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) dan Yayasan An Nur di Dili Timor Leste untuk melaksanakan khitanan massal. Khitanan dilaksanakan 2 hari dan diikuti 184 peserta.

Wakil Dekan SDM FK UII dr Erlina Marfianti MSc SpPD Kamis (13/9/2018) mengemukakan, para dokter berangkat ke Timor Leste,  Jumat (14/9/2018). Dalam pelepasan tim yang ditandai dengan pengenaan rompi tim oleh wakil dari FIAI drs Muzhoffar Akhwan disebutkan Erlina menyebutkan mereka akan melaksanakan bakti sosial tersebut selama dua hari.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Kegiatan ini dilaksanakan karena ada permintaan dari masyarakat Timor Leste untuk berkhitan dengan dokter muslim," jelas Erlina. Meski demikian, dengan alasan kesehatan tidak sedikit masyarakst non-muslim yang juga mengikuti khitanan tersebut.

Menurutnya, pelaksanaan khitanan massal di mancanegara ini baru pertamakali kami laksanakan. “Untuk itu kami juga bekerja sama dengan tim medis dari Timor Leste. Karena perawatan pascakhitan akan diserahkan pada mereka,” jelasnya.

Sedang Ketua Tim dr Muh Kharisma mengemukakan, tidak banyak dokter yang bisa melaksanakan khitan di Timor Leste. Kalaupun bisa, menurut Kharisma, masyarakat Muslim yang  minoritas di Timor Leste merasakan ada kekurangan dalam pelaksanaan khitan tersebut. “Sebab tidak ada ritual doa sebelum pelaksanaan khitan yang membuat mereka merasa kurang. Akibatnya, tidak sedikit yang sampai dewasa mereka jadi belum berkhitan,” jelas Kharisma. (Fsy)