Hiburan Editor : Agus Sigit Jumat, 14 September 2018 / 12:55 WIB

Yudha And The Remora, Misi Besar Populerkan Kembali Lagu Anak

YOGYA, KRJOGJA.com - Vokalis Jasmine Akustik, Yudha Kristiawan kini tengah disibukkan dengan proyek baru bertajuk Yudha And The Remora (YTR). Bersama dua rekannya, Aki Anam dan Fredi, Yudha membuat project yang menitikberatkan pada mempopulerkan lagu bertema anak.

Kepada KRjogja.com saat berbincang santai Kamis (13/9/2018) Yudha mengaku ide awal membentuk YTR muncul saat ia merasa kesulitan mencarikan lagu anak untuk buah hatinya yang mulai beranjak lincah. Menurut dia, anak-anak lain sepantaran putrinya seolah dipaksa menyanyikan lagu-lagu orang dewasa karena tidak adanya stok lagu anak.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

 

“Dua tahun lalu sebenarnya awal keresahan karena sulit sekali mencari lagu yang pas untuk anak saya. Dua tahun bahan lagu mengendap di memori handphone dan setelah mengalami serangkaian obrolan bersama beberapa teman dan mendapatkan berbagai masukan, akhirnya lagu lagu tersebut dicarikan rumah dan lahirlah Yudha And The Remora,” ungkapnya.

Misi mempopulerkan lagu anak tampanya tak dijadikan isapan jempol belaka, YTR sudah menelurkan sebuah single berjudul Ayo ke Pantai yang mulai dirilis ke publik Agustus 2018 lalu. Lagu tersebut berisi ajakan seluruh keluarga di Indonesia bermain ke pantai di seluruh Nusantara yang banyak menawarkan keindahan.

“Lagu ini mengajak semua bersenang senang dan bergembira namun tetap waspada saat bermain di pantai. Kami mencoba memberikan konten yang mengedukasi bagi anak anak dan keluarga. Lirik menjadi bagian terpenting, sebab melalui lirik akan menentukan apakah pesan lagu tersebut mudah diterima oleh pendengar atau tidak," lanjut Yudha.

Diakui Yudha, ia melakukan riset lagu anak tempo dulu dengan cara mengumpulkan, mendengarkan lagu dari kaset lawas yang berisi lagu anak anak zaman dulu. Lagu dari album Yoan Tanamal, Chicha Koeswoyo, Titiek Puspa hingga Ria Enes didengarkan untuk mencari sumber inspirasi mencipta lagu.

“Saya menemukan beberapa hal menarik dari lagu anak kala itu. Pesan moral yang saat ini disebut sebagai pendidikan karakter ada rata rata di semua lagu. Lagu bukan melulu mengajak bermain atau belajar namun memiliki alur cerita yang berisi pendidikan karakter. Nanti di single kedua kami berjudul Lumba-Lumba akan disematkan lirik yang berisi biarkan bebas hidup di laut lepas,” pungkasnya.

Lagu Ayo Ke Pantai saat ini bisa dinikmati di platform musik digital dan juga sosial media YTR. Kedepan, YTR juga bercita-cita untuk melakukan pentas di 1000 sekolah di berbagai wilayah Indonesia untuk menggaungkan kembali lagu anak. (Fxh)