Tegakkan Perda, Purworejo Siagakan 1.169 Kader Trantib

Anggota KST mencium bendera merah putih dalam pengukuhan. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 1.169 tenaga Kader Siaga Trantib (KST) disiagakan untuk membantu penegakan peraturan daerah (Perda) di Kabupaten Purworejo, sekaligus menjaga ketertiban umum (Tribum) dan ketertiban masyarakat (Tribmas). 

KST dibentuk di setiap desa/kelurahan,  masing-masing beranggotakan sembilan orang. Dari 16 kecamatan dan 494 desa/kelurahan tinggal Kecamatan Grabag dan Kutoarjo yang belum terbentuk.

"Penegakan Perda di Purworejo masih sangat kurang, sehingga setiap anggota KST diharap mampu membantu pemerintah dalam penegakan Perda," kata Assisten bidang Pemerintahan Setda Purworejo H Genthong Sumharjono SSos MM dalam pengukuhan dan pembinaan KST dan Kasi Trantib se Purworejo di ruang Arahiwang Kantor Bupati setempat, Kamis (13/9).

Disamping itu lanjut Genthong Sumharjono, setiap KST harus mampu membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat dari berbagai ancaman.

KST dibentuk dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Bertugas di desa/kelurahan masing-masing dan berkoordinasi dengan jajaran keamanan lainnya serta pemerintah desa/kelurahan (Pemdes/Pemlur).

Menurut Kasatpol PP dan Damkar Purworejo Budi Wibowo SSos MSi, sebelumnya telah terbentuk 630 KST, dan dengan dikukuhkannya 539 personil kini di Purworejo telah memiliki 1.169 KST. “Mereka bertugas menjaga Tribum dan Tribmas, serta melaporkan berbagai kejadian yang ada di desanya ke Satpol PP,” katanya.(Nar)

Tulis Komentar Anda