Peristiwa Editor : Ivan Aditya Rabu, 12 September 2018 / 16:32 WIB

11 Jet Sukhoi Siap Perkuat TNI AU

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kepala Pusat Penerangan dan Komunikasi Kemenhan Brigadir Jenderal Totok Sugiarto mengatakan kedatangan jet Sukhoi ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama, kata Totok, dua unit Sukhoi akan dikirim pada Agustus 2019. Lalu tahap kedua akan dikirim empat unit 18 bulan setelah kontrak efektif. Dan, lima unit sisanya akan dikirim setelah 23 bulan dari kontrak.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Nanti datang 11 unit, urutannya 2 unit terus 4, terus 5 kalau enggak salah. Bertahap. Tapi pertama tiba 2019 bulan Agustus. Mudah-mudahan enggak ada kendala apa-apa," ungkapnya.

Selain itu, Totok juga menegaskan TNI AU telah melatih para personelnya untuk membawa pesawat tersebut. Ia pun mengatakan TNI AU telah mengirim beberapa personelnya untuk dilatih langsung ke Rusia sebagai proses latihan sebelum pesawat tersebut datang ke Indonesia.

"Kita, kan, udah punya Sukhoi dulu awalnya, saya kira enggak jauh beda. Kemudian ada beberapa yang lagi disekolahkan di sana yg mengawaki Sukhoi 35 itu," ujarnya.

Imbal beli 11 Sukhoi itu terealisasi setelah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BUMN Rusia, Rostec, dengan BUMN Indonesia PT Perusahaan Perdagangan Indonesia di awal tahun ini. (*)