Wisata Editor : Agus Sigit Rabu, 12 September 2018 / 02:10 WIB

Soto Batok Mas Alfan, Ramaikan Kuliner Soto di Jogja

YOGYA, KRJOGJA.com - Salah satu icon penting Yogyakarta sebagai kota wisata adalah keberagaman kulinernya. Mulai dari aneka kudapan dan minuman tradisional, bakpia legendaris hingga santapan dengan resep dan sajian unik. Salah satu kuliner unik hadir di Kota Yogya yakni Soto Batok Mas Alfan. Warung soto yang berlokasi di Jl. Imogiri Timur, KM. 6.5 Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Ditemui KR Online di warungnya belum lama ini, Alfan Jandari (48), pemilik Soto Batok Mas Alfan, menjelaskan liku liku bisnis kulinernya. “Awalnya saya berjualan sop ayam di Purwodadi sekitar empat tahun yang lalu”, jelas Alfan. “Lalu suatu saat seorang teman memposting kuliner soto batok di instagramnya. Saya memutuskan menjual soto batok di Purwodadi sekitar tahun 2013 dan masih berjalan sampai sekarang,” terang Alfan.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Soto Batok Mas Alfan di Yogyakarta dibuka 26 Agustus 2018. “Soto Batok Mas Alfan ingin menyemarakan wisata kuliner di Yogyakarta. Meski bukan yang pertama namun saya yakin cita rasa Soto Batok Mas Alfan memiliki kekhasan yang cukup kompetitif,” kata Alfan.

Tentang tempurung kelapa (batok) yang menjadi pilihan Alfan untuk menyajikan sotonya bapak tiga anak punya alasan sendiri. “Soto yang dihidangkan dalam batok lebih awet panasnya,” terang Alfan. “Soto Batok Mas Alfan di Yogyakarta adalah cabang yang pertama dibuka. Saya berharap kedepannya bisa membuka cabang di kota lain,” pungkas Alfan. (*)