Ekonomi Editor : Agung Purwandono Senin, 10 September 2018 / 13:24 WIB

JNE Raih 2 Penghargaan dalam ASEAN Marketing Summit 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com - JNE berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang tahunan The 4th Asean Marketing Summit 2018 Indonesia Champion for Asean 2018. JNE dianugerahi dua kategori sekaligus dalam Brand Asia 2018, yaitu Silver Champion Transportation & Logistic dan Top 10 Strongest Brand in Indonesia yang diterima langsung oleh VP of Marketing JNE Eri Palgunadi di Raffless Hotel Jakarta (06/09/18).

Bertepatan dengan peluncuran Indonesia Champion for ASEAN 2018, MarkPlus, Inc. yang bekerja sama dengan Philip Kotler Center for Asean Marketing (PKCAM) dan Nikke BP juga memberikan sejumlah penghargaan terhadap brand-brand terpercaya yang sukses mencapai puncak. 

Penilaian berdasarkan 4 indikator, yaitu Friendly yang menunjukan seberapa dekat merk dengan konsumen, Innovative sebagai indikasi merk terbuka dengan sesuatu yang baru, Convinient yaitu bagaimana kepraktisan produk dari merek tersebut dan seberapa manfaat untuk digunakan, serta Outstanding yang mengukur bagaimana daya tarik dan status dari merk tersebut.

Hal ini juga menjadi kebanggan tersendiri bahwa brand asli dari Indonesia dapat bersanding dan mendapatkan apresiasi dengan brand terkemuka lainnya di ASEAN. Brand Asia study yang merupakan lembaga riset lintas negara di Asia, menghimpun data survey dan informasi dari berbagai sumber untuk melakukan riset terhadap beberapa merk agar “brand strength” dari masing – masing merk tersebut terlihat dan hasilnya dapat menjadi perbandingan antar merk yang ada di Negara – Negara Asia Tenggara. 

Penghargaan yang diperoleh brand dari lembaga bereputasi di ASEAN serta ulasan analis industri ASEAN. Sesuai dengan tema dalam Asean Marketing Summit 2018 yaitu ‘Marketing to ASEAN Millenials’, JNE telah terbukti sebagai market leader dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dimana saat ini JNE diperkuat dengan 6 ribu jaringan dan 40 ribu karyawan di seluruh nusantara. 

JNE juga dinilai dapat terus memperkuat metode marketing dengan mengikuti perkembangan tren pasar, teknologi, dan tren digitalisasi yang sudah diadopsi oleh pelanggan serta masyarakat masa kini.

Selain penghargaan Brand Asia 2018, dalam kurun waktu 3 minggu ini, JNE juga meraih penghargaan bergengsi lainnya, yaitu ‘Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 untuk kategori jasa kurir yang diberikan oleh  Tras N Co Indonesia kepada JNE untuk ketiga kalinya sejak 2016. Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 diberikan kepada JNE pada hari Kamis (30/8) di Ballroom Hotel Ayana. 

Selanjutnya, JNE juga meraih penghargaan Indonesia Original Brand Champion 2018 untuk kategori Kurir Service dari Majalah SWA dan Business Digest. Ini merupakan ke-6 kalinya JNE dianugerahi penghargaan Indonesia Original Brand Champion 2018 dan JNE mampu ini mempertahankannya selama 6 tahun berturut – turut sejak 2013. Acara penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada 15 Agustus 2018 lalu di Ballroom Hotel Shangrila Jakarta.

M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE mengatakan, "Kami mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya dengan komitmen untuk terus memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui inovasi, pengembangan infrastruktur dan SDM sebagai misi perusahaan. 

Penghargaan ini kami persembahkan untuk semua karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke serta Talaud hingga Miangas, yang telah menunjukan dedikasi luar biasa melalui performa kerja, sehingga kualitas pelayanan prima dapat diterima oleh para pelanggan".

Feriadi menambahkan bahwa penambahan jumlah titik layanan dengan target 10%-15% untuk menambah kapabilitas perusahaan, terus dilakukan agar pelanggan setia dapat semakin mudah menjangkau titik-titik layanan JNE yang tersebar di seluruh nusantara. “Selain itu persiapan pembangunan Mega Hub sebagai sorting center dengan mesin berteknologi tinggi akan dioperasikan di tahun 2019 untuk mengantisipasi ledakan kiriman konsumen yang berasal dari ecommerce dan UKM yang mengalami peningkatan setiap tahunnya”, ungkapnya. (*)