Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Senin, 10 September 2018 / 05:10 WIB

Kinerja PVMBG Memantau dan Tangani Krisis Gunung Api di RI Mendapat Pujian Dunia

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menorehkan prestasi global dengan meraih penghargaan The 1st Volcano Surveillance and Crisis Management Award dari International Association of Vulcanology and Chemistry of the Earth's Interior (IAVCEI).

Adapun PVMBG menjadi institusi vulkanologi pertama di dunia yang menerima penghargaan bergengsi dari IAVCEI atas prestasi dalam pemantauan dan penanganan krisis gunung api.

Ketua Komisi Juri The 1st Volcano Surveillance and Crisis Management Award, Jacob Lowenstern, memberikan apresiasinya kepada PVMBG yang mampu bekerja menghadapi risiko gunung api yang tersebar di seluruh Indonesia dengan sumber daya yang terbatas.

"Bekerja dengan sumber daya yang terbatas menghadapi risiko gunung api di Indonesia, PVMBG telah membuat kemajuan besar dan harus bangga dengan prestasinya," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar turut memberikan apresiasi yang besar atas dedikasi tinggi PVMBG untuk terus melindungi dan melayani masyarakat Indonesia.

"Penghargaan ini harus menambah semangat. Tugas melindungi dan melayani masyarakat tidak akan berhenti," ucapnya saat berperan sebagai penerima penghargaan.

Pada saat bersamaan, Rudy juga menilai prestasi ini adalah sebuah dorongan bagi PVMBG untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat di masa mendatang. Penghargaan Volcano Surveillance and Crisis Management Award ini diberikan untuk institusi vulkanologi di dunia yang telah melakukan upaya-upaya luar biasa dalam pemantauan maupun dalam penanganan krisis gunung api.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dari Indonesia diputuskan oleh komite IAVCEI sebagai institusi vulkanologi pertama di dunia yang mendapatkan penghargaan pertama ini.Terdapat 6 kandidat utama institusi vulkanologi di dunia yang memenuhi kriteria untuk memenangkan penghargaan ini.

Setelah melakukan penilaian dan survei kepada para ahli vulkanologi dunia maupun para pelaku media internasional, hasil penilaian Komite Juri memutuskan Indonesia menjadi peraih penghargaan ini.Menteri ESDM Ignasius Jonan mengapresiasi torehan prestasi yang diraih PVMBG ini, dan berharap pencapaian tersebut dapat lebih ditingkatkan di masa mendatang.

"Selamat saya ucapkan kepada PVMBG. Prestasi yang sangat membanggakan. Ini membuktikan bahwa dengan segala upaya Kementerian ESDM telah memberikan yang terbaik bagi pengelolaan sumber daya alam, termasuk di dalamnya melindungi masyarakat dari bencana geologi, khususnya gunung api," tutur Jonan.(*)