Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 26 Agustus 2018 / 12:09 WIB

Kubah Lava Merapi Terus Tumbuh, Warga di KRB III Diminta Tenang

MAGELANG, KRJOGJA.com - Pertumbuhan kubah lava baru di kawasan puncak Gunung Merapi sangat dinamis, dan  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta terus memantau pertumbuhan kubah lava baru tersebut.

Demikian antara lain dikemukakan Kepala BPPTKG Dr Hanik Humaida kepada wartawan usai pertemuan di BPBD Kabupaten Magelang, Jumat (24/8). Rata-rata pertumbuhan secara umum setiap harinya dinilai masih sangat kecil. Hingga Jumat kemarin, lanjutnya, volume kubah lava baru tersebut sekitar 25.000 meter kubik. 

BACA JUGA :

Pertumbuhan Kubah Lava Merapi 4600 Meter Kubik Per hari

Pertumbuhan Kubah Lava Baru Lambat, Letusan Tak Eksplosif


Dikatakan, dalam pertumbuhan kubah lava baru tidak ada akselerasi atau percepatan serta masih konstan. Ini berbeda jauh dengan pertumbuhan kubah lava lainnya di beberapa tahun silam. Pertumbuhan kubah lava baru juga dinilai masih awal. Pihak BPPTKG akan melakukan pemantauan terus, banyak faktor yang menentukan pertumbuhan kubah lava.

Kepala Bidang Logistik dan Peralatan BPBD Provinsi Jawa Tengah, Gembong Purwohartono, mengatakan masyarakat yang tinggal di sekitar Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) Gunung Merapi diimbau tetap tenang dan terus mewaspadai serta jangan jemu-jemunya mengikuti informasi dari BPBD maupun BPPTKG.

Setiap ada perubahan aktivitas Gunung Merapi, BPPTKG akan selalu memberikan informasinya, baik kepada BPBD maupun kepada Forum PRB Gunung Merapi. (Tha)