Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 24 Agustus 2018 / 17:20 WIB

Waspada AIDS, Wonogiri Dorong Warganya Bentuk WPA

WONOGIRI, KRJOGJA.com - Warga Kecamatan Manyaran Wonogiri bertekad perang dengan AIDS dengan menggelar deklarasi WPA atau Warga Peduli AIDS.  Salah satu cara menjauhi penyakit itu disebutkan dengan menjaga pola hidup yang sehat termasuk menghindari perilaku seks bebas atau bergonta-ganti pasangan. 

Deklarasi WPA Kecamatan Manyaran yang dihadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) setempat dr Adhi Darma MKes ditandai dengan penandatanganan baliho bersama elemen masyarakat wilayah itu.

Menurut bupati, kasus AIDS/HIV di daerahnya dinilai sudah cukup memprihatinkan. Pasalnya, angka penderita AIDS/HIV saat ini mencapai 424 orang. "Jika masyarakat dengan kesadaran sendiri membentuk paguyuban ini (WPA) maka kami sebagai bagian pemerintahan menyambut gembira ini artinya 'perang' terhadap penyakit AIDS/HIV tidak hanya tugas pemkab namun juga masyarakat," kata Bupati Joko.

Kepala DKK dr Adhi Darma menyebutkan, kecamatan Manyaran merupakan wilayah terakhir di 25 kecamatan yang membentuk WPA. Dari total 294 desa/kelurahan di kabupaten ini, paparnya, sudah 98 desa yang membentuk WPA Desa melalui murenbangdes. 

"Dari angka tersebut ada 54 desa yang mengikuti pelatihan penanggulangan AIDS/HIV," terang Kepala DKK menjawab KRJOGJA.com, di sela-sela deklarasi yang digelar di pendopo kantor Camat Manyaran.(Dsh)