DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 18 Agustus 2018 / 15:33 WIB

PASANGAN SESAMA JENIS PUNYA ANAK

Karya Seni Ini Berikan Penampakan Keturunannya

YOGYA, KRJOGJA.com - Karya seni memang benar-benar menembus batas tanpa harus banyak memikirkan latarbelakangnya. Salah satu terlihat dalam karya seniman Jepang Ai Hasegawa berjudul (im)possible baby, case 01: Asako & Moriga yang ditampilkan dalam ajang pameran seni media Indonesia Netaudio Festival 3.0 di Jogja National Museum (JNM) 18-28 Agustus 2018.

Dalam karya yang sebenarnya dibuat tahun 2015, Ai Hasegawa coba melempar jauh imajinasinya ke masa depan di mana para ilmuan berhasil menciptakan sel sperma dari perempuan yang ternyata bisa membuahi pasangan sesama jenisnya. Hasegawa pun mencoba merespon kondisi yang sebenarnya masih menjadi perdebatan secara etika dan moral ini.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Baca juga :

Tanamkan Cinta Tanah Air Lewat Melukis

Ternyata, Lukisan Seharga Rp3 Miliar ini Palsu

Menggunakan kemajuan teknologi, Hasegawa mampu menggambarkan bagaimana ketika pasangan bernama Asako dan Moriga tersebut memiliki keturunan mulai usia balita hingga digambarkan ketika beranjak dewasa. Karya yang menarik namun bisa saja mengundang polemik.

Riar Rizaldi, kurator pameran seni media Indonesia Netaudio Festival 3.0 pun memberikan penjelasan terkait karya-karya yang akhirnya ditampilkan selama 10 hari kedepan di JNM. Menurut dia, dari 10 karya dari seniman Jepang dan Indonesia, seluruhnya merespon internet seturut perspektif masing-masing.

“Konsep atau gagasan internet adalah mengkoneksikan satu manusia dengan lainnya. 10 karya yang ditampilkan ini merupakan respon setiap seniman akan teknologi internet dengan segala macam hal didalamnya termasuk transformasi budaya. Internet ternyata tidak hanya material saja, namun merupakan cara berpikir yang sebenarnya ada dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya usai pembukaan pameran Sabtu (18/08/2018).

Secara keseluruhan ada 10 karya yang ditampilkan di Indonesia Netaudio Festival 3.0 kali ini. Tak hanya itu, pengunjung yang hadir ke JNM bisa menikmati berbagai pengalaman seperti konser musik bersama grup-grup Barakatak, Senyawa, Bottlesmoker, Silampukau, Gardika Gigih dan banyak lagi lainnya. Konser musik sendiri diselenggarakan 18-19 Agustus 2018 mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB. (Fxh)