China Cegat Jet Amerika di Zona Sengketa

CHINA, KRJOGJA.com - China enam kali memperingatkan pesawat pengintai Amerika Serikat yang terbang di atas Laut China Selatan. Jet Angkatan Laut AS terbang melintasi empat pulau buatan utama di Kepulauan Spratly, dimana China telah membangun fasilitas militernya di Karang Subi, Karang Fiery Cross, Karang Johnston dan Karang Mischief.

Di Karang Subi, sensor pesawat Poseidon mendeteksi 86 kapal, termasuk kapal penjaga pantai China yang ditambatkan di sebuah laguna raksasa. Sedangkan di Karang Fiery, pesawat pengintai AS yang sedang melakukan operasi kebebasan navigasi itu melihat landas pacu yang panjang.

Setiap kali pesawat ditantang militer China, awak Angkatan Laut AS di pesawat pengintai tersebut juga menyampaikan hal yang sama. "Saya adalah pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat yang memiliki kekebalan hukum untuk melakukan kegiatan militer yang sah di luar wilayah udara nasional negara pesisir manapun," kata awak pesawat AS.

China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan sekitar 3,6 juta kilometer persegi, meski sejumlah negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia dan Brunei memiliki klaim tumpang tindih. Garis yang ditetapkan Beijing terletak lebih dari seribu kilometer dari pulau terluar di provinsi bagian selatannya. (*)

Tulis Komentar Anda