Lomba Masak Ikan Geliatkan Kuliner Lampung

istimewa

LAMPUNG, KRJOGJA.com - Lomba Masak Ikan Nusantara 2018 di Pantai Duta Wisata, Teluk Betung, Bandar Lampung, Kamis (09/08/2018) meriah. Lomba yang diresmikan Walikota Bandar Lampung Herman HN ini diikuti 35 peserta.

Kemeriahan sudah terlihat sejak pagi. Diawali dengan persembahan tarian Pesona Ujung Sumatera. Kemudian secara simbolis Walikota menyerahkan aksesoris memasak oleh Bapak Walikota kepada Chef Profesional perwakilan dari Krida Wisata.

“Lomba Masak Ikan Nusantara merupakan program berkelanjutan dari Kantor Staf Kepresidenan yang bertujuan untuk mekampanyekan konsumsi ikan. Selian itu juga memperkenalkan berbagai masakan jenis ikan nusantara yang menuju kekayaan kuliner Indonesia yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisata nusantara maupun mancanegara,” ujar Walikota Herman, Kamis (9/8).

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung Dirmansyah mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan ICA (Indonesia Chef Indonesia). Yang menginisiasi Kantor Staff Kepresiden (KSP) dan Femina Group, serta disupport Kementrian Pariwisata, Kementrian Kesehatan, dan Kementrian Kelautan Perikanan.

"Jadi lomba Masak Ikan Nusantara ini intinya adalah menggerakan masyarakat untuk hidup sehat mengkonsumsi ikan. Kemudian dari kejuaraan ini nanti pemenangnya akan dibawa ke Jakarta, akan dilakukan seleksi final di Istana Negara," jelas Dirmansyah.

Lomba masak ini dibagi dalam dua kategori. Pertama kategori profesional diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari chef profesional baik itu dari cafe, restoran terkenal, katering kemudian dari hotel. Yang kedua kategori umum diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari warung kuliner yang juga mencerminkan dari 20 kecamatan yang ada di Bandar Lampung. Jurinya, Darmastuti (Karo Rumah Tangga Istana), Sari Wardi (Primarasa Femina Grup) dan Tirta Pane (Masak TV).

Masakan wajib dalam lomba ini adalah masakan khas dari Lampung yakni Gulai Ikan Taboh. Selain itu kriteria yang dinilai adalah cita rasa, penampilan, kebersihan dan lainnya.

Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, event utama ini memang Lomba Masak Ikan bertemakan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Namun sangat erat kaitannya dengan pengembangan pariwisata. (Fon)

Tulis Komentar Anda