DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 10 Agustus 2018 / 20:41 WIB

Partai Dipersilahkan Ajukan Sengketa

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Pemilu 2019 sebanyak 397 orang melalui rapat pleno yang diikuti partai politik di aula KPU setempat, Jumat (10/08/2018). Jika calon atau partai tidak terima terhadap  DCS, diberi kesempatan untuk mengajukan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) selama 3 hari mulai 10 sampai 14 Agustus.

"Silakan peserta pemilu (parpol) memperjuangkan terhadap calonnya," kata Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini STP MM sambil menambahkan DCS akan diumumkan di media massa pada 12, 13, 14 Agustus serta di masing-masing desa sesuai dapil, kecamatan dan KPU.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Baca juga :

Cek Nama, KPU Gelar Gempita Sidalih

Sampah di Sleman Capai 15.239 Meter Kubik Perbulan

Terkait pengumuman DCS, masyarakat  bisa mencermati dan memberikan masukannya. Terhadap masukan, KPU akan mengklarifikasikannya. Tanggapan bisa pula menyebabkan DCS berubah bila memang sesuai klarifikasi semua masukan itu benar adanya.

Drs Suryono dari Bawaslu Kulonprogo menyatakan, bagi parpol atau calon yang tidak terima bisa mengajukan sengketa ke Bawaslu. "Kita tunggu mulai Jumat hingga Selasa (14/08/2018) mendatang," tuturnya. (Wid)