Wisata Editor : Agung Purwandono Jumat, 10 Agustus 2018 / 19:39 WIB

Horison Yogya Raih Sertifikasi Bintang 3 Plus

YOGYA, KRJogja.com - Horison Hotel Yogyakarta mendapat sertifikasi resmi bintang 3, Kamis (9/8). Dengan sertifikasi ini, memicu Horizon Yogya untuk tidak hanya meningkatkan fasilitas.

Tapi juga pelayanan dan personal touch yang humanis dari karyawan kepada para tamu hotel.

General Manager Horison Yogyakarta Irene Indri Dewi Astuti, SP, CHA mengatakan, sertifikasi ini bukan hanya selembar kertas. Tapi juga harus diaplikasikan dalam kegiatan keseharian para karyawan. Apalagi di tengah persaingan hotel yang sangat ketat, tamu tidak hanya mencari fasilitas saja. Tapi juga servis yang diberikan karyawan hotel. “Misalnya fasilitas tidak begitu lengkap tapi SDM sangat terlibat dan touching ke tamu. Bisa mengarahkan kuliner dan destinasi wisata yang ngehits, tamu pasti akan senang,” terang Irene saat ditemui di Horison Yogya, Kamis (9/8).

Sertifikasi ini diberikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY kepada sejumlah pengelola hotel, pengelola usaha dan tour and travel di Yogyakarta. Irene menambahkan, pihaknya juga menyediakan tipe suit room.

Sebelumnya Horison Yogya hanya menyediakan tipe deluxe dan superior. “Bapak Kepala Dinas juga memberikan imbauan agar pengelola hotel terus memberikan improvment yang lebih baik lagi. Baik dari segi pelayanan dan human touch,” imbuh Irene.

Dengan sertifikasi ini, lanjut Irene, Horison Yogya bisa menggaet pasar yang lebih luas. Khususnya untuk segmen pemerintahan. Biasanya segmen pemerintahan meminta sertifikasi atau bukti resmi sesuai kementerian pariwisata dan komite akriditasi naisonal.

“Penilaian sudah sesuai dengan standar bintang tiga. Semua segmen market bisa masuk setelah kami dapat mendapat sertifikasi ini,” tandas Irene.

Public relations Horison Yogya Jesica menambahkan, penilaian dari tim biasanya memasukkan hotel dalam kategori major, minus atau obervation. “Kami mendapat nilai 608. Jadi bisa dikatakan kami mendapat sertifikasi untuk hotel bintang 3 plus,” imbuh Jesica. (R-2)