Kekeringan di Magelang Meluas, TNI - Polri Bergerak

Air bersih saat dialirkan dari kendaraan tangki ke ember dan jirigen milik warga. (Thoha)

MAGELANG, KRJOGJA.com - Warga terlihat membawa ember maupun jirigen di saat 3 kendaraan tangki yang mengangkut air bersih memasuki kawasan pemukimannya, Jumat (10/8/2018). Tidak hanya orang dewasa, tetapi yang sudah memiliki cucu pun ikut berjalan sambil membawa ember atau jirigen plastiknya.

Ember yang mereka bawa kemudian diletakkan dengan teratur di samping bak penampungan yang ada di Dusun Sembungan Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Petugas dari PDAM Kota Magelang pun mulai memasang pipa untuk mengalirkan air dari kendaraan tangki yang dikemudikannya, dan secara bergantian Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono SIP maupun lainnya mengalirkan air dari kendaraan tangki ke beberapa ember dan jirigen milik warga.

Inilah salah satu suasana yang mewarnai kegiatan bakti sosial penyaluran air bersih yang dilaksanakan PWI Kota Magelang bekerjasama dengan Polres Magelang, Kodim 0705/Magelang, Polres Magelang Kota, BPBD Kabupaten Magelang, PDAM Kota Magelang maupun lainnya. Ketua PWI Kota Magelang Adi Daya P mengatakan bakti sosial dilaksanakan di dua desa, yaitu Desa Kembanglimus dan Desa Wringinputih, yang semuanya di Kecamatan Borobudur.

Ada 3 kendaraan tangki yang dikerahkan dalam kegiatan ini, yang masing-masing bekapasitas 5.000 liter air. Satu kendaraan tangki untuk Dusun Sembungan Desa Kembanglimus dan 2 tangki lainnya untuk wilayah Desa Wringinputih. Kegiatan sosial ini sebagai awal kegiatan bersinergi dengan TNI dan Polri maupun lainnya dalam kegiatan sosial lainnya. 

"Kegiatan ini sangat positif dan perlu untuk terus dikembangkan, mengingat di wilayah Kabupaten Magelang terdapat beberapa wilayah kecamatan yang memiliki potensi kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau. Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, " tegas Kapolres Magelang.(Tha)

Tulis Komentar Anda