DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 10 Agustus 2018 / 19:30 WIB

Dicoret Oleh KPU, Parpol Memilih Fokus Bacaleg yang Ada

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pengurus Partai Politik (Parpol) mengaku tidak mempermasalahkan terkait pencoretan nama Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman. Mereka akan memaksimalkan nama Bacaleg yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

Seperti yang diungkapkan pengurus DPD Perindo Sleman Aswin Hudayan. Dari 36 Bacaleg yang didaftarkan oleh Perindo, 15 diantaranya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Itu berarti hanya tersisa 21 Bacaleg saja.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menurutnya, sebelum dinyatakan TMS oleh KPU, memang sebagian besar Bacaleg sudah memilih untuk mengundurkan diri. Kebanyakan dari mereka karena ada alasan keluarga, sehingga dari pengurus Parpol juga tidak bisa memaksa.

"Dibutakan TMS bukan berarti tidak memenuhi kualifikasi yang disyaratkan. Akan tetapi banyak diantara bacaleg yang tidak lolos lebih disebabkan karena faktor keluarga. Mereka sengaja tidak melengkapi berkas pendaftaran, sehingga dinyatakan TMS," ujarnya, Jumat (10/8/2018).

Untuk itu, DPD Perindo Sleman mengaku tidak mempermasalahkan hasil verifikasi dari KPU tersebut. Karena sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan. "Apapun hasil dari KPU kami terima," katanya.

Perindo Sleman menargetkan, tiap Dapil ada satu wakil yang bisa duduk di kursi DPRD Sleman. Untuk itu, ditegaskan Aswin, saat ini mereka akan fokus dengan Bacaleg yang tersisa. Agar nantinya mereka dapat menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk masyarakat. 

Seperti diketahui, KPU Sleman mencoret 31 Bacaleg yang didaftarkan oleh 16 Parpol peserta Pemilu 2019. Sebagian besar dari Bacaleg tersebut karena berkaitan dengan administrasi pendaftaran. Selain itu satu Bacaleg dinyatakan TMS karena saat penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) tanggal 20 September nanti belum memenuhi batas usia minimal, yakni 21 tahun.

"Dari 31 Bacaleg paling banyak dari Partai Perindo dengan 15 nama. PPP ada tujuh Bacaleg, Hanura tiga nama, PDI Perjuangan dan Berkarya masing-masing dua nama dan NasDem serta Demokrat dengan satu nama. Dengan demikian KPU Sleman menetapkan 554 nama sebagai Daftar Calon Sementara (DCS)," ungkap Komisioner KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggara Haryanto.(Awh)