Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 10 Agustus 2018 / 14:36 WIB

Manjakan Wisatawan, Dinparbud Kembangkan Aplikasi Wisata Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo merancang aplikasi Wisata Purworejo. Aplikasi berbasis ponsel android itu akan menyediakan berbagai informasi tentang pariwisata setempat.

Kepala Dinparbud Purworejo Agung Wibowo AP mengatakan, aplikasi dibangun sebagai sarana promosi wisata daerah. "Sekarang ini sudah tidak bisa meninggalkan teknologi informasi, maka kami manfaatkan peluang itu untuk menjaring wisatawan datang ke Purworejo," tuturnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (10/8).

Aplikasi tersebut berisi tentang deskripsi objek wisata, peta jalan, harga tiket, galeri foto dan video, grup kesenian, kontak dan info kuliner. Aplikasi akan menjadi gambaran bagi calon wisatawan saat hendak mengunjungi objek wisata di Purworejo.

Menurutnya, aplikasi tersebut belum sempurna. Pihak dinas masih berupaya melengkapi database yang akan diunggah dalam aplikasi. Baru 50 persen dari seluruh potensi wisata yang berhasil didata pemkab. "Dari 50 persen itu, baru kurang lebih sepuluh persen yang dimasukkan aplikasi," ujarnya.

Untuk mempercepat usaha melengkapi database, dinas akan melibatkan pengelola objek dan para pelaku wisata. Mereka, lanjutnya, juga akan diberi akun tersendiri sehingga bisa melakukan pembaruan konten secara berkala.

Agung memperkirakan dalam satu hingga dua bulan, aplikasi tersebut selesai dan siap diluncurkan. "Wisata Purworejo nanti bisa diunduh lewat aplikasi 'Google Playstore'. Aplikasi ini tidak akan statis, konten akan berubah apabila ada informasi baru," ucapnya. (Jas)