Tenang! Kesehatan Hewan Kurban di Boyolali Aman

Petugas memeriksa kondisi gigi salah satu sapi di Pasar Hewan Sunggingan, Boyolali Kota. Foto: Galih Prasojo

BOYOLALI, KRjogja.com – Jelang Idhul Adha, kondisi kesehatan hewan ternak di Boyolali dipastikan aman untuk dikonsumsi. Sampai saat ini tidak ditemukan adanya hewan kurban yang membahayakan bagi kesehatan.

Pada Jumat (10/8), petugas dari dinas terkait melakukan pengecekan hewan ternak di sejumlah tempat, diantaranya di Pasar Hewan Singkil, Sunggingan, Kecamatan Boyolali Kota. Pengecekan di pasar hewan terbesar di Soloraya tersebut dilakukan secara menyeluruh, termasuk kondisi gigi, mata, kulit dan sebagainya. 

Selain hewan hidup, kondisi daging yang berada di tempat pemotongan juga terus dipantau. Sampai sejauh ini, tak ditemukan kondisi hewan atau daging yang bermasalah untuk dikonsumsi masyarakat.

"Dari pemantauan di lapangan, paling hanya beberapa hewan yang mengalami luka ringan seperti lecet," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Pusat kesehatan Hewan (Puskeswan) Mojosongo, Slamet Sugiana. 

Luka tersebut pun bukan disebabkan penyakit, namun karena gesekan atau benturan saat hewan ternak dibawa atau diangkut. "Nanti saat proses pemotongan saat Idhul Adha, petugas juga akan memantau di lapangan," sambungnya.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Afiany Rifdania menambahkan, untuk memastikan kelayakan daging kurban, pihaknya juga menggandeng dinas lainnya untuk memantau arus keluar masuk hewan ternak ke wilayah Boyolali. Hal ini penting untuk memastikan kelayakan hewan yang akan disembelih untuk kurban.

Mengingat wilayah Boyolali adalah wilayah penyangga hewan ternak, aspek kesehatan ternak yang keluar-masuk Boyolali harus benar-benar dipantau. 
Sunarto, salah satu pedagang ternak di Pasar Hewan Sunggingan mengapresiasi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas. Sebab hal itu juga akan menyakinkan masyarakat bahwa ternak yang akan dibeli benar-benar sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban. (Gal)

Tulis Komentar Anda