DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 10 Agustus 2018 / 13:25 WIB

Resmi Ditutup, FKY 30 Hadirkan Festival Baru

BANTUL, KRJOGJA.com – Dalam perayaan di hari terakhirnya ini, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-30 sudah resmi ditutup pada, Kamis (09/08/2018). 

Bertempat di Planet Pyramid Café Jl. Parangtritis KM 5,5 dalam program Panggung Pasar Seni, tampak pengunjung ramai menunggu acara penutupan yang dimulai pada pukul 20.30. Diawali dengan pentas tari Hanuraga yang dibawakan oleh siswi-siswi SMKI Yogyakarta. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan laporan kegiatan FKY 30 oleh Roby Setiawan selaku ketua umum FKY 30.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Sebanyak 20 program yang diselenggarakan dalam FKY 30, menghadirkan karya-karya yang atraktif, hiperaktif, dan edukatif bagi para pengunjungnya,” ujar Roby.  

Dalam menghadirkan karya-karya tersebut terdapat sebanyak 1.890 pelaku seni tradisi dalam bidang perupa, sineas, maupun performer yang terlibat. FKY 30 kini juga berhasil menaikkan sebuah festival baru yaitu Jogjakarta Video Maping Festival (JVMF). 

Festival tersebut telah terselenggara selama 3 hari berturut di sepanjang Jalan Malioboro dengan melibatkan seniman video maping yang berasal dari Jogjakarta, Surabaya, Malang, Bandung, dan Jakarta.

Roby Setiawan berharap agar JVMF dapat menjadi festival tahunan mandiri Jogjakarta pada tahun-tahun berikutnya. Penutupan FKY 30 ini secara simbolis ditutup dengan menerbangkan kitiran. (Krissanti Dewi)