Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 10 Agustus 2018 / 01:50 WIB

Google Sukses Berikan Pelatihan Satu Juta UKM

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kurun 10-15 tahun mendatang, Indonesia memiliki bonus demografi yang besar. Peluang ini harus dimaksimalkan, khususnya bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan melihat kebutuhan pangsa pasar.

"Untuk IKM, harus tahu apa yang akan diproduksi. Bagi UKM, harus memiliki strategi dan cara penjualan yang baik," tutur Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsih dalam acara Google untuk UKM di Lobby Tengah Pasar Mayestik Jakarta Selatan, Kamis (9/8/2018). Kegiatan mengusung semangat #GiniGiniGoOnline ini sekaligus menyambut Hari UKM Nasional 12 Agustus mendatang.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menurut Gati, menyongsong era revolusi Industri 4.0, proses produksi menjadi hal penting. Hal tersebut untuk mengakomodir pangsa pasar dalam negeri yang besarnya hampir 50 persen pasar Asia Tenggara.

Dari sisi pemasaran lanjut Gati, penggunaan platform digital online juga sangat penting. Selain minim biaya publikasi, juga memungkinkan bertemunya produsen dan konsumen secara langsung untuk menghindari tengkulak.

"Karena itu semangat belajar hal baru sangat penting, seperti akrab dengan aplikasi media online seperti Google," sebutnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Google mengumumkan pencapaian pelatihan satu juta UKM sejak 2015 dan peluncuran program baru bersama Kementerian Perindustrian RI yang diberi nama Pengusaha Hebat (Sahabat) Go Online.

"Pelatihan yang diberikan melalui kombinasi antara penyampaian langsung dan program pelatihan digital, seperti Gapura Digital dan Womenwill. Google juga mengumumkan kerjasama
terbaru dengan Kementerian Perindustrian untuk mengadakan pelatihan langsung untuk kelompok
bisnis yang telah terpilih sebagai bagian misi Indonesia 4.0 dengan tujuan
mendorong pertumbuhan di sektor industri," terang Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia.

Dijelaskan pula, setelah memperluas pelatihan Gapura Digital di 14 lokasi yang berada di 12 kota Indonesia, antusiasme pelaku UKM yang ingin membawa bisnis ke dunia online kian meningkat. Makin menggembirakan adanya ribuan wanita yang telah berbagi tentang cerita sukses di program Womenwill.

Gapura Digital merupakan program pelatihan langsung yang dapat diikuti siapapun guna belajar tentang berbagai ketrampilan penggunaan teknologi online. Mulai dari cara membuat website,
hingga pelatihan tentang digital marketing.

"Melalui Womenwill, Google telah menggelar kelas pelatihan di empat kota bersama IWAPI, Wanita
Wirausaha dan Female Daily untuk mengajak lebih banyak wanita menjadi wirausaha dan memajukan bisnis mereka secara pesat dengan bantuan internet. Kami sadar, dengan meningkatkan produktivitas wanita dapat menaikkan PDB negara serta membantu pemerintah mencapai tujuan menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital
terbesar di Asia Tenggara," tegas Veronica.

Sedang Putri Alam, Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia mengatakan, Google menyambut baik inisiatif pemerintah menjadikan ketrampilan digital sebagai bagian dari Indonesia 4.0. Pihaknya berjanji akan menjadi mitra yang tepat bagi pemerintah untuk mendukung terwujudnya inisiatif tersebut.

"Kami tidak sabar untuk menjalankan program pelatihan langsung ini untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang memiliki program unggulan di Asia," tukasnya. (Feb)