Cek Nama, KPU Gelar 'Gempita Sidalih'

"Gempita Sidalih" digelar KPU Kulonprogo. (Foto: Widiastuti)

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat mengecek nama di portal sistem informasi data pemilih (Sidalih), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menggelar gerakan mengecek nama pemilih serentak melalui Sidalih "Gempita Sidalih" pada sekitar 30 sekolah lanjutan tingkat atas (SMA/SMK/MA), Kamis (09/08/2018). Sasaran utama adalah para pemilih pemula.

"Kegiatan tersebut secara umum bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengecek namanya apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum. Lebih khusus lagi bagi pemilih pemula, karena pemilih pemula ini sebelum mereka rekam atau memiliki KTP pada saat coklit dulu masih diberi kode 11 (belum ber-KTP elektronik). Sesuai regulasi, warganegara yang belum ber KTP elektronik tidak masuk di daftar pemilih (atau dicoret dari Sidalih)," kata  Marwanto MSi, Komisioner KPU Kulonprogo yang mengampu pemutakhiran data pemilih.

Menurut Marwanto, pihaknya  ingin memastikan apakah para siswa, terutama yang melakukan perekaman setelah daftar pemilih sementara (DPS) ditetapkan, sudah masuk di Sidalih atau belum. "Dari sampel tiga sekolahan yang dimonitoring KPU Kulonprogo, sebagian besar sudah masuk atau ada di Sidalih. Di SMK N 1 Panjatan, dari sampel 60 siswa yang melakukan pengecekan, hanya satu siswa yang belum masuk di Sidalih. Dan di MAN 2 Kulonprogo, dari 120 sampel siswa, ada sekitar 3 siswa yang namanya belum ada di Sidalih, dua diantaranya siswa yang berasal dari Purworejo (Jawa Tengah)," ucapnya.

Terhadap siswa yang sudah punya KTP elektronik tapi namanya belum ada di Sidalih, lanjut Marwanto, barangkali panitia pemungutan suara (PPS) belum mengubah kode 11 (belum ber KTP elektronik) di Sidalih. Kami, lewat PPK dan PPS, akan segera mengecek di Sidalih dan jika memang yang bersangkutan pengkodeannya di Sidalih belum diganti, akan segera diganti.

Marwanto menambahkan, "Gempita Sidalih", selain meningkatkan kesadaran masyarakat mengecek namanya di Sidalih, juga memberi masukan pada KPU Kulonprogo dan jajarannya terhadap perbaikan penyusunan daftar pemilih yang sedang berlangsung. "Masukan ini penting, artinya mengingat pada akhir pekan ini PPS akan segera menggelar pleno rekapitulasi perbaikan DPS-HP. Sedangkan awal pekan depan, pleno rekapitulasi perbaikan DPS-HP akan digelar di tingkat PPK," ujarnya.(Wid)

Tulis Komentar Anda