Olahraga Editor : Danar Widiyanto Kamis, 09 Agustus 2018 / 21:10 WIB

Lolos Final AFF U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 Sukses Hancurkan Malaysia

SIDOARJO, KRJOGJA.com - Dengan perjuangan cukup berat, timnas Indonesia U-16 sukses lolos ke final AFF U-16 2018. Dalam semifinal yang digelar Kamis (9/8/2018), Garuda Asia menang 1-0 atas Malaysia melalui gol penalti Bagus Kahfi.

Laga berjalan dengan tempo tinggi sejak menit pertama. Timnas Indonesia U-16 yang didukung puluhan ribu suporter mendominasi bola.

Beberapa peluang didapat timnas Indonesia U-16 pada awal laga. Namun pertahanan ketat Malaysia membuat Garuda Asia menjadi sia-sia.

Malah Malaysia yang sempat mengejutkan pendukung timnas pada menit ke-16. Beruntung tendangan Abdul Aziz yang kosong di kotak penalti masih jauh dari sasaran.

Peluang emas didapatkan timnas Indonesia U-16 pada menit ke-26. Sayangnya tendangan David Maulana justru melambung meski tinggal berhadapan dengan kiper Malaysia.

Timnas Indonesia U-16 kembali punya peluang empat menit kemudian. Tetapi tendangan Mochammad Supriadi masih membentur mistar gawang.

Meski terus menyerang tidak ada peluang yang menghasilkan gol bagi kedua tim. Hingga jeda skor 0-0 tak berubah.

Di babak kedua, timnas Indonesia U-16 langsung punya peluang pada awal babak kedua. Namun dua kali tendangan keras Zico masih bisa diantisipasi kiper Malaysia.

Pada menit ke-60, Supriadi kembali punya peluang. Tetapi tendangan kerasnya dari luar kotak masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Timnas Indonesia U-16 mendapat hadiah penalti pada menit ke-17. Ini terjadi setelah Supriadi dijatuhkan di kotak terlarang oleh kiper Amri Ali.

Kesempatan ini tak disia-siakan oleh Bagus Kahfi. Dengan tenang ia melesakkan bola ke sudut gawang meski sempat terbaca kiper lawan. Skor 1-0 untuk Garuda Asia.

Kedua tim punya peluang untuk mencetak gol. Namun hingga akhir laga skor 1-0 tak berubah.

Timnas Indonesia U-16 lolos ke final dan akan menantang Thailand. Laga akan digelar 11 Agustus 2018.(*)