Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 09 Agustus 2018 / 23:13 WIB

Purworejo Siap Menuju Smart City

PURWOREJO (KRjogja.com) – Teknologi digital kini menjadi komponen yang sangat berarti dalam memajukan suatu daerah. Terlebih Kabupaten Purworejo yang telah merancang sebagai kota kunjungan wisata dengan Romansa Purworejo 2020, maka kebutuhan smart city sangat dibutuhkan.

“Belum lagi dengan kehadiran Bandara di Kabupaten Kulonprogo, maka Purworejo harus segera memanfaatkan teknologi informasi (TI) yang berbass smart city agar mudah dikenal masyarakat luas,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM dalam dengar aspirasi publik/critical voice poin dengan tema smart city di pendapa rumah dinas bupati setempat, Kamis (9/8).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Sebenarnya lanjut Agus Bastian, smart city sudah dikenalkan di Purworejo sejak tahun 2016, namun untuk kebutuhan publik, sekaligus  mengenalkan Purworejo secara lebih luas, maka dibutuhkan smart city yang lebih handal dengan pengelolaan yang lebih bagus.

Smart city ini menurut Andi Yunianto SS M Kom dari Inixindo Yogya, selaku nara sumber, sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu daerah, sekaligus mempromosikan berbagai potensi yang ada di daerah itu. “Terutama dunia pariwisata, dimana Purworejo kini sedang gencar mempromosikan objek-objek wisata, maka keberadaan smart city sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Namun untuk mengoptimalkan smart city butuh lembaga tersendiri dalam pengelolaannya. “Jika selama ini dikelola oleh dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), maka ke depan harus ada lembaga tersendiri, dan terintegrasi dengan lembaga lain,” jelasnya. (Nar)