Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 09 Agustus 2018 / 16:50 WIB

Di Temanggung, Disabilitas Netra pun Bisa Main Goalball

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Penyandang disabilitas netra di Panti Penganthi Kabupaten Temanggung ikuti lomba goalball untuk memeriahkan even tujuh belasan dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73. 

Pada permainan ini satu tim terdiri dari 3 pemain. Goalball sendiri adalah permainan kombinasi dari bolling dan sepak bola. Pada bagian dalam bola sendiri diberi lonceng agar mengeluarkan bunyi saat menggelinding. Pemain lantas memanfaatkan bunyi yang keluar itu untuk mengejar dan menangkap.  

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Sorak sorai teman-temannya tidak henti-hentinya menggema menyemangati pemain atau pun menyorakinya saat jatuh atau bertabrakan. Kemeriahan semakin saat diketahui ternyata bola itu masuk ke dalam gawang.

Kepala Panti Penganthi Budi Astuti mengatakan selain goalbaal masih ada sejumlah pertandingan lainnya. Mereka memperebutkan hadiah dan sejumlah uang tunai. Pertandingan itu seperti balap karung, gebug bantal dan panjat pinang. " Selain bertanding dan berlomba juga untuk bersenang-senang," katanya. 

Dia mengatakan kegiatan untuk menyadarkan masyarakat bahwa disabilitas netra merupakn bagian anak bangsa yang patut dicontoh semangatnya dan perilaku pantang menyerah. " Kami ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa mereka punya prestasi yang membanggakan," katanya. (Osy)