Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 09 Agustus 2018 / 15:52 WIB

Koramil Gunungpati 'Sambangi' Kampung, Ini Maksudnya

SEMARANG KRJOGJA.com - Banyak cara dilakukan untuk mendengar curhatan rakyat, karenanya Koramil 07 Gunungpati memberlakukan program Sambang Kampung bagi setiap prajurit Babinsa. Mereka setiap saat diperintahkan Wadanramil Kapten Inf Bahroddin untuk berada di wilayah binaannya setiap saat, pagi, siang, sore maupun malam.

"Babinsa merupakan prajurit yang bertanggungjawab membina kewilayahan. Mereka harus berada di tengah-tengah masyarakat. Mendenangar, menampung dan mencarikan jalan keluar bila menerima curhatan warganya yang berisikan keluhan atau problem kewilayahan. Karena itu Babinsa merupakan kepanjangan tangan Komando Teritorial dalam membina kewilayahan dari aspek Ketahanan", ungkap Kapten Inf Bahroddin, yang sebelumnya menjabat Kaur Komsos Kodim 0733 BS Semarang, Kamis (09/08/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Gunungpati menurut Kapten Inf Bahroddin sudah tercipta dengan baik. Bahkan bila ada hajatan warga, mereka mengirim undangan dan makanan ke piketan Koramil. Demikian juga anggota kita pun juga sering membantu dan belajar kepada warga yang memiliki kemampuan khusus di bidang pertukangan maupun kuliner.

"Ada anggota kami yang saat melakukan Sambang Kampung ke rumah warga sambil memanfaatkan belajar membuat makanan gorengan tahu susur. Selain melaksanakan tugas, juga mendapat pengalaman berharga yang bisa menjadi bekal wiraswasta", ungkap Wadan Ramil 07 Gunungpati.

Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega pun mengakui, bahwa TNI tanpa Rakyat tidak lah kuat. Kekuatan TNI ada pada dukungan rakyat. Oleh karena itu TNI harus ada bersama rakyat dan selalu membantu mengatasi kesulitan rakyat. (Cha)