Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Rabu, 08 Agustus 2018 / 23:59 WIB

Valo Kenalkan Cuci Mobil Hemat Air di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com - Banyak masyarakat yang mulai khawatir penggunaan tanpa batas air bersih akan mengancam eksistensi kehidupan kedepan. Tak heran jika kemudian muncul upaya-upaya menghemat air dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Salah satu yang berkonsentrasi terhadap pemanfaatan air efisien adalah produk Valo Waterless Car Care yang kini mulai mengembangkan cabangnya di Yogyakarta. Produk karya anak bangsa ini merupakan campuran cairan kimia yang digunakan untuk membersihkan mobil dari jamur dan membuat cat menjadi lebih mengkilap dengan hasil maksimal.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Elihu Nugroho, founder Valo Indonesia saat berbincang dengan KRjogja.com usai soft opening Valo Car Care di Jalan Godean km 4 Rabu (8/8/2018) mengungkap proses penemuan Valo sudah dimulai sejak 2012 lalu. Elihu sendiri mengaku berangkat dari kepedulian akan keberlangsungan lingkungan dengan berusaha menggantikan penggunaan air dengan bahan lainnya.

“Selama ini dalam satu bulan untuk satu outlet pencucian mobil bisa menghabiskan air hingga 270 ribu liter dan itu jumlah yang sangat besar sebenarnya. Dari situ kami mulai berpikir bagaimana mencuci, merawat mobil dengan air sesedikit mungkin. Kami lakukan riset sejak 2012 dan akhirnya 2014 tercetus Valo ini,” ungkapnya.

Valo sendiri menurut Elihu memiliki bahan nabati yang cukup menarik dan diklaim mampu membersihkan mobil tanpa berdampak pada cat. “Kami gunakan Carnauba Wax yang takarannya sudah diriset sebelumnya, semua hal sudah dipertimbangkan agar hasil maksimal,” sambungnya.

Selama empat tahun kebelakang, Valo sudah merambah ke-22 kota di Indonesia mulai Jakarta hingga Ambon dan Manado. Animo masyarakat untuk menggunakan cairan cuci dan rawat mobil inipun terus meningkat hingga akhirnya mulailah perjalanan pertama kali di Yogyakarta.

“Hari ini kami mulai buka di Yogyakarta di outlet Jalan Godean km 4. Di sini konsumen bisa merawat mobilnya mulai cuci wax body hingga membersihkan jamur yang sering kali membuat cat mobil kusam. Semuanya dilakukan dengan cairan khusus Valo dan tanpa air,” sambungnya.

Muhammad Arief Fatoni, owner Valo Yogyakarta menambahkan dengan mulainya produk tersebut merambah ke DIY diharapkan masyarakat bisa mulai mengubah pola pikir dari yang sebelumnya mencuci mobil menggunakan banyak air kini bisa jauh lebih bersih tanpa menghabiskan air.

“Kualitas dan perbedaan bisa dibuktikan sendiri dengan datang ke Valo Car Care atau menggunakan produk cairan Valo. Bisa langsung datang ke Jalan Godean atau kami juga siap datang langsung ke tempat anda. Bersih dan kinclong tapi juga go green karena hemat air,” ungkapnya tersenyum. (Fxh)