5 Campuran Air Ini Bisa Atasi Sakit Tenggorokan

Foto: Okezone

SAKIT tenggorokan bisa saja terjadi karena cuaca dingin atau salah makan. Tapi, Anda sebenarnya bisa mengatasinya dengan cara mudah dan dalam waktu singkat.

Jangan andalkan minuman pelega tenggorokan buatan, yang mengklaim menyembuhkan sakitnya dengan cepat. Kamu bisa mencoba berbagai macam ramuan alami resep nenek moyang dahulu.

Salah satu yang dapat diandalkan adalah air garam. Minuman ini bikin tenggorokanmu nyaman dan aman diminum kapan saja.

Selain air garam, ada beberapa minuman lain yang membantu melegakan tenggorokan. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Okezone dari Readerdigest, Selasa (7/8/2018).

1. Air garam

Campurkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat. Aduk sampai rata. Larutan ini dapat menetralkan asam di tenggorokan. Di samping itu juga dapat meredakan sensasi terbakar dan mempercepat penyembuhan selaput lendir yang teriritasi.

2. Air lemon

Campurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam satu cangkir air untuk mengatasi tenggorokan. Minuman ini dapat mengecilkan jaringan tenggorokan yang bengkak dan membunuh virus. Selain menyembuhkan sakit tenggorokan, minum air lemon ini jug dapat melegakam dahaga.

3. Air jahe dan madu

Tak hanya perasan lemon saja, jika kamu menambah jahe dan madu juga ampuh melegakan tenggorokan. Gunakan untuk kumur atau diminum langsung. Fungsinya adalah madu dapat melapisi tenggorokan dan memiliki sifat anti-bakteri ringan. Itulah mengapa madu kerap dimanfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan dalam waktu singkat.

Baca Juga: Siap-Siap Mewek! Mempelai Pria Harus Rela sang Istri yang Baru Dinikahi Belum 24 Jam Meninggal di Pangkuannya

4. Air cabai rawit

Capsicum dalam cabai membantu meringankan rasa sakit dan melawan peradangan. Tambahkan lima sendok teh bubuk cabe rawit ke dalam secangkir air panas untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Meski cenderung pedas, gunakan untuk kumur sebentar untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

5. Air kunyit

Kunyit mengandung antioksidan kuat, dan para ilmuwan berpikir itu memiliki kekuatan untuk melawan banyak penyakit, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Cara buatnya adalah campurkan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air panas. Kumur-kumurlah pakai ramuan ini sampai terasa lega. (*)

 

Tulis Komentar Anda