Hiburan Agregasi    Rabu, 08 Agustus 2018 / 05:43 WIB

Lai Kuanlin 'Wanna One' Pernah Jadi Korban Bullying

SEOUL, KRjogja.com – Lai Kuanlin, personel boy band Wanna One, secara mengejutkan mengaku pernah mengalami kasus bullying. Hal itu diakuinya saat menyapa penggemarnya lewat V-Live, pada 6 Agustus 2018.

Dalam kesempatan itu, seorang penggemar bertanya seputar kasus bullying kepada member termuda Wanna One itu. “Apa yang harus kulakukan jika di-bully di sekolah?” tanya seorang Wannable (sebutan penggemar Wanna One) kepadanya.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menanggapi pertanyaan itu, Kuanlin memberikan pendapatnya berdasarkan pengalaman di masa lalu. Secara mengejutkan, dia mengaku pernah menjadi korban bullying saat masih SMA. “Ini bukan sebuah rahasia, tetapi aku juga korban bullying saat masih SMA,” ujar Lai membuka cerita.

Lelaki asal Taiwan itu mengaku, dirinya di-bully karena dianggap terlalu pendiam saat masih di bangku sekolah. Meski tidak benar-benar menerima pelecehan fisik dan lisan secara langsung, namun Lai merasa kalau dirinya dikucilkan oleh teman-temannya. 

“Saat SMA, aku memang tidak terlalu banyak bicara. Aku bahkan enggan bergabung dengan teman-teman sekelasku. Aku tidak benar-benar di-bully tetapi aku merasa aku dikucilkan,” ungkapnya.

Dikucilkan teman-temannya tak membuat Kuanlin terpuruk. Kejadian pahit itu ia respons dengan pikiran menakjubkan. Kuanlin memutuskan bahwa dirinya tidak perlu membenci teman-teman yang mengucilkannya itu.

Sebaliknya, Lai merasa harus berterima kasih karena teman-temannya menunjukkan apa yang salah kepadanya. “Bagaimanapun, aku sudah melewati masa-masa sulit itu. Aku pikir, pengalaman itu mengajarkanku sesuatu meski mereka melakukannya dengan cara yang salah,” ujar Lai menambahkan.

Pengalaman itu, menurutnya, malah membuat dia belajar untuk bersosialisasi dengan orang-orang. Kini, artis Cube Entertainment itu merasa semakin kuat dan lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan secara baik.

“Aku belajar sesuatu dari itu semua, tentang kebenaran di balik bertahan. Pada akhirnya, aku mampu beradaptasi dengan baik dalam kehidupan sosialku dan bisa bertahan dalam pelbagai situasi,” ujarnya.

Lai menambahkan, “Aku tidak bisa mengatakannya secara rinci. Namun menurutku, kau bisa belajar dari seseorang yang baik dan tak baik.”

Belajar dari pengalaman pahit di masa lalu itu, Lai mengaku, menjadi pribadi yang pantang menyerah. Hal itulah yang ia tampilkan saat menjadi peserta Produce 101 pada tahun lalu. Keterlibatannya dalam program itu membuka kesempatan bagi Lai untuk debut bersama Wanna One. (*)