Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 07 Agustus 2018 / 08:30 WIB

LKS SMK Dimulai, Produk Inovasi Terbaru Bermunculan

YOGYA, KRJOGJA.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa, Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat DIY, 7-9 Agustus 2018. Tahun ini LKS diikuti 670 siswa kelas X dan XI memperlombakan 47 bidang kompetensi.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, LKS dibagi dalam 6 kelompok lomba yaitu teknologi, bisnis manajemen, pariwisata, seni dan industri kreatif, pertanian dan kemaritiman serta kesehatan. "Peserta yang memperoleh predikat juara 1 akan mewakili kontingen DIY ke tingkat nasional tahun 2019 untuk 28 bidang lomba," terang Baskara Aji kepada wartawan usai acara pembukaan LKS SMK 2018 di Ballroom Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Senin (6/8/2018).

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X yang membuka acara sangat mengapresiasi diselenggarakannya LKS dan pameran produk siswa SMK. Menurutnya, LKS menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi antar SMK dalam peningkatan kompetensi, sekaligus meningkatkan citra SMK. "Lomba LKS ini sangat strategis untuk meningkatkan ketrampilan dan kreativitas siswa SMK," katanya.

Acara pembukaan LKS dimeriahkan pameran produk inovasi yang diikuti 20 SMK. Salah satunya SMK Kesehatan Binatama yang mempunyai Program Studi Keperawatan dan Farmasi. Waka Kurikulum Galang Eko Prasetyo mengatakan, melalui unit produksi, Prodi Farmasi memamerkan produk inovatif berupa masker bubuk 4 varian, gel sanitizer, coklat Saga, rose face mist dan hand rub. Sedangkan Prodi Keperawatan memamerkan produk inovatif berupa masker kulit jeruk, lulur mandi greentea, masker greentea, stik salak dan stik sawi keju.

"Siswa didorong melakukan penelitian untuk menghasilkan produk inovatif," kata Galang Eko. Dalam pameran, siswa SMK Kesehatan Binatama juga memberikan pelayanan kesehatan berupa pengukuran tekanan darah, cek gula darah dan asam urat. (Dev)