Olahraga Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 05 Agustus 2018 / 21:44 WIB

Audisi PB Djarum, Persaingan Kian Sengit

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Pencari bakat atlet bulu tangkis dari tim PB Djarum membidik sejumlah peserta turnamen pada audisi umum di Karanganyar, untuk diberikan super tiket menuju final audisi di Kudus, 7-9 September 2018. Tahap turnamen diikuti 265 peserta lolos screening dari kelompok U11, U13 dan U15 putra dan putri. 

“Ada satu sampai dua incaran saya untuk putri. Sejauh ini mereka masih menang di turnamen. Kalau misalkan kalah, akan diberi super tiket. Banyak pertimbangan tidak sederhana dalam memberikan super tiket,” kata salah satu pencari bakat PB Djarum, Yuni Kartika kepada wartawan di Stadion RM Said, Minggu (5/8). 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Yuni memberi perhatian khusus di peserta putri semua kelompok usia. Sebab, atlet putri pada cabang olahraga bulu tangkis tergolong langka. Pada audisi di Karanganyar, jumlah peserta putri hanya 194 orang sedangkan peserta putra 677 orang. Total 871 peserta pada audisi di Karanganyar tahun ini.

"Mungkin orangtua mengira, bulu tangkis itu keras. Tidak cocok untuk putrinya. Ini yang harus diluruskan. Justru atlet putri bersemangat tinggi. Butuh dukungan dari keluarga,” katanya. 

Dikatakannya, delapan pencari bakat rata-rata memasang kualifikasi sama pada calon penerima super tiket yang tidak lolos audisi. Pertama, mereka akan dibandingkan dengan binaannya yang sudah menerima beasiswa PB Djarum. Kedua, para pencari bakat menakar kans mengejar kemampuan teman-temannya yang telah lebih dulu dibina selama karantina. Ketiga, menakar kemampuan pribadi para pelatih dalam mendampingi calon penerima super tiket.

“Teknik dasarnya bagaimana? Kalau berantakan setengah mati, percuma kita ambil,” katanya.Program Associate Bakti Olahraga Djarum Foundation, Abraham Delta Oktaviari optimistis membawa pulang calon juara bulutangkis masa depan dari audisi umum di Pulau Jawa. (Lim)