Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 05 Agustus 2018 / 15:50 WIB

Cinta Indonesia, Kenalkan Lagu Patriotik pada Anak

SEMARANG KRJOGJA.com - Walikota Semarang Hendrar Prihadi sangat mendorong tumbuh kembang anak-anak Kota Semarang dengan dibekali jiwa patriotis agar memiliki semangat cinta tanah air sejak dini. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto yang mewakili Walikota Semarang dalam membuka Lomba Nyanyi Lagu Patriotik  yang digelar Raden Managemet Sekolah Vokal Semarang. 

"Bapak Walikota Semarang mengapresiasi anak-anak di Kota Semarang karena banyak yang memiliki bakat dan prestasi, salah satunya di bidang tarik suara. Oleh karena itu Walikota berharap melalui lomba menyanyi ini para anak bisa meresapi materi lagu yang menggugah semangat cinta tanah air dan bela negara. Agar sejak dini sudah terbangun karakternya untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah," ujar Fajar Purwoto saat membuka lomba yang diikuti 50 anak dari Semarang dan sekitarnya, yang digelar Sabtu (4/8/2018) disalah satu mall di Semarang.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Firman Nurseno, selaku Ketua Panitia dan pemilik Sekolah Vokal Raden Management mengungkapkan minat peserta cukup banyak dan pihaknya terpaksa harus membatasi menjadi 50 peserta. Kategori A usia Taman Kanak-kanak hingga kelas 2 SD, B kelas 3 hingga VI SD dan C untuk SMP.

"Tujuan kami selenggarakan lomba ini sesuai harapan Walikota Semarang, yakni untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada anak-anak. Selain itu juga berangkat dari keprihatinan bahwasannya anak-anak sekarang banyak yang mengkonsumsi lagu-lagu dewasa yang tak sesuai kondiri psikologinya. Antara lain banyak anak yang suka nyanyi lagu percintaan orang dewasa, padahal sebenarnya konten itu tidak sesuai dengan dunia anak," ujar Firman.

Di kategori A Juara I Aretha Rema, II Josephine Nava, III Jesy Olivia, Harapan I Fiola Kirania, Harapan III Fidellis Haris Hendro dan harapan III Hamemayu Hayuning B. Kategori B Juara I Olav Carmen, II Kayla Felisiana, III Matthew  Mashandro, Harapan I Aurel Afrianti, Harapan II Agnesia Tallia dan Harapan III Gracelyn Jesica. Kategori C Juara I Zahra Maulida, II Akmal Aryasuta, III Alicia Putri, Harapan I Ketut Ressa, Harapan II Nadya Mutiara dan harapan III Aurel Kalandara. Lagu-lagu yang dibawakan peserta antara lain Indonesia Pusaka, Tanah Airku Indonesia dan lagu nasional lainnya. (Cha)