Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 03 Agustus 2018 / 18:30 WIB

Tanamkan Cinta Tanah Air pada Mahasiswa, UPNVY Gelar Olimpiade Bela Negara

SLEMAN, KRJOGJA.com - Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menggelar Jambore dan Olimpiade Nasional Bela Negara yang diikuti oleh 25 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan upaya kampus untuk meningkatkan rasa cinta pada tanah air.

Baca Juga: Hebat! Anak Bakul Mie Ayam Jadi Wisudawan Terbaik UPN Veteran

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Sejak kami ditetapkan sebagai PTN melalui Peraturan Presiden (Perpres) no 121 tahun 2014 tentang pendirian UPNVY, kami diberi amanah oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk menjadi PTN berciri khas bela negara," ujar Rektor UPNVY Prof Dr Sari Bahagiarti K MSc ketika dijumpai wartawan seusai upacara pembukaan JONBN di Lapangan Kampus UPNVY, Jumat (3/8/2018). Dengan alasan tersebut, pihaknya berupaya untuk mengimplementasikan amanah tersebut melalui agenda JONBN yang telah berjalan sejak tahun lalu.

"Tahun sebelumnya, kami beri nama Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia. Waktu itu, kami undang 48 PTN di Indonesia untuk bergabung dengan kami bersama mengimplementasikan dan mengembangkan semangat serta karakter bela negara," jelasnya.

Baca Juga: Dosen dan Mahasiswa UPNVY Teliti Sumur Minyak Wonocolo

Meski tahun ini hanya diikuti 25 PTN, namun upaya untuk membangkitkan semangat bela negara tetap tidak luntur. Dalam tiga hari agenda pelaksanaan, para mahasiswa dari seluruh Indonesia akan diajak untuk berbagi pengalaman dan mengenal lebih dalam akan kekayaan bangsa melalui karakter masing-masing peserta.

Baca Juga: Anak Muda Yogya Kreasikan Kue Bolu Sebagai 'Ganti Minum Susu'

"Kami sangat mengapresiasi agenda yang dibiayai sendiri oleh UPN ini. Tak perlu lagi teori karena langsung praktik. Kita harus sadar, Indonesia itu beragam, dari ujung ke ujung bermacam-macam. Jadi, ketika mereka, melalui JONBN ini bisa bertemu keberagaman karakter, mereka sadar ga bisa egois saat memimpin negeri ini," tandasnya. (M-1)