Wisata Editor : Danar Widiyanto Rabu, 01 Agustus 2018 / 07:30 WIB

Lezatnya Sate Ayam Serundeng, Menu Andalan The Heritage Place

SLEMAN, KRJOGJA.com - Berbicara soal kuliner di Yogyakarta tampaknya tak akan ada ujungnya. Berbagai ragam menu baru terus bermunculan di kota ini, baik dari jajanan kekinian ataupun inovasi baru yang dihadirkan pada makanan tradisional.

Sate ayam misalnya, jika biasanya kudapan tersebut disantap dengan baluran bumbu kacang saja. Tidak begitu dengan salah satu menu andalan milik The Heritage Place. Restoran yang merupakan sayap bisnis dari Eastparc Hotel Yogyakarta ini memberikan sentuhan baru dengan menambahkan serundeng kelapa.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Potongan daging ayam yang cukup besar dibakar langsung menggunakan arang agar menghasilkan aroma khas. Hasilnya, bumbu meresap dengan sempurna yang menghasilkan citra rasa lezat namun tetap kental dengan nuansa tradisional.

Prosesnya, setelah sate ayam masak dengan bakaran di atas bara api, irisan daging yang ditancap menggunakan tusukan kayu tersebut disiram gurihnya bumbu kacang. Usainya, ditaburkan lah serundeng kelapa di atas sate ayam untuk mendongkrak kelezatan yang siap menghajar lidah. Tentunya sajian ini bisa juga dikawinkan dengan lontong ataupun nasi agar perut semakin puas.

"Sate ayam sangat empuk dan ciamik dengan adanya serundeng di atasnya, sangat enak sekali. Harga yang kami berikan juga harga yang cukup bagus, tidak terlalu mahal," ujar General Manager Eastparc Hotel Yogyakarta
Wahyudi Eko Sutoro, Selasa (31/07/2018) malam.

Tak hanya sate ayam serundeng, restoran yang terletak di seberang Eastparc Hotel Jalan Laksda Adisucipto KM. 6,5 ini juga menghadirkan sajian kuliner tradisional lainnya. Dikemas dengan konsep modern dan unik, hadir pula hidangan andalan lain layaknya ayam kremes, pepes ikan nila, hingga rawon daging sapi. 

Nikmatnya menu-menu utama itu akan semakin sempurna dengan menyantap hidangan penutup. Masih dengan balutan tradisional yang dikonsep modern, pengunjung dapat menikmati kue talam khas Kalimantan Selatan dan Gethuk yang merupakan makanan ringan andalan masyarakat Yogyakarta sebagai penghujung makan.

Berbagai macam minuman juga siap menemani agar pengunjung tidak kehausan. Tersedia berbagai sajian mulai dari kopi, teh, jus buah, hingga varian jamu tradisional dengan masing-masing khasiatnya.

Susana tradisional pun tidak kalah menariknya pada tempat makannya yang dihadirkan The Heritage Place. Saat membuka pintu masuk, pengunjung akan langsung melihat andong dan becak yang berada dalam ruangan. Jika ingin menikmati kuliner dengan pemandangan bintang dihamparan angkasa, pengunjung pun dapat memilih lokasi yang berada di depan pintu masuk atau justru di halaman belakang, sebuah tempat yang memang khusus dirancang semi outdoor.

Jangan khawatir masalah harga, hidangan menu utama dapat dinikmati dengan kisaran harga Rp50.000-Rp70.000, menu pembuka berkisar Rp25.000-Rp35.000, dan menu penutup pada angka Rp18.000-Rp25.000 saja. Harga yang tidak terlalu mahal untuk sajian tradisional dari hasil tangan koki hotel berbintang. (MG-10)