Bacaleg Sragen Ramai-Ramai Tes Kejiwaan

Istimewa

SRAGEN, KRJOGJA.com - Sejumlah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Pileg 2019 di Kabupaten Sragen ramai-ramai mengikuti tes kejiwaan di RSUD setempat sepekan terakhir. Tes tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar Caleg.

Tes dilakukan secara bergiliran hingga awal pekan depan. Dari sebagian bacaleg yang telah mengikuti tes, sejauh ini belum ditemukan adanya bacaleg yang terindikasi mengalami gangguan kejiwaan.

BACA JUGA :

Belum Ada Parpol Daftar Caleg, KPU Sukoharjo Kurang Sosialisasi?

Masih Sepi, Pendaftaran Caleg di KPU Kurang Sosialisasi?

Hal itu disampaikan dokter spesialis jiwa RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen, Akbar Zulkifli Osman, ditemui di ruang kerjanya Jumat (13/7).  "Kami sudah buat jadwal tesnya secara bergiliran setiap parpol. Tiap hari ada dua parpol yang dijadwalkan tes. Tapi memang belum semua ikut. Masih ada waktu beberapa hari ke depan," ujarnya.

Akbar menjelaskan tidak semua rumah sakit (RS) bisa melakukan tes kejiwaan bagi bacaleg. Semula memang hanya RSUD dr Moewardi dan RSJ Solo saja yang bisa melakukan tes kejiwaan. Tapi sehari setelah dimulainya tahapan tes, RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dinyatakan bisa menggelar tes serupa. "Kami melayani tes kejiwaan sehari setelah tahapan tes karena ditunjuk KPU," jelasnya.

Akbar menerangkan tes kejiwaan dilakukan dengan memberikan soal tertulis sebanyak 183 soal kepada masing-masing bacaleg. Mereka harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban 'ya' dan 'tidak'. Dari jawaban para bacaleg itu lalu di input ke komputer untuk dilihat grafik kecenderungan kejiwaan mereka. "Hasil tes sebagian bacaleg sudah ada. Sejauh ini semua sehat secara kejiwaan," tandasnya. (Sam)

Tulis Komentar Anda