Ditutup, Pendaftaran Anggota Baru KPU Sukoharjo Sepi Peminat

Ilustrasi (Foto:doc)

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Pendaftar sebagai calon anggota baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sampai hari penutupan pendaftaran sepi peminat. Kondisi tersebut dipengaruhi karena sejumlah syarat ketat yang ditetapkan serta beratnya beban tugas kerja sebagai penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Partai Didesak Segera Daftarkan Bakal Caleg, Ini Kata KPU

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Kamis (12/7/2018) mengatakan, pendaftaran calon anggota KPU Sukoharjo baru dimulai sejak 4 -12 Juli. Sampai hari penutupan pendaftaran hanya ada 43 orang yang mendaftarkan diri. Jumlah tersebut sangat sedikit dibandingkan dengan kondisi serupa pada periode pemilihan sebelumnya mencapai seratusan orang.

Kuswanto menilai kondisi yang terjadi pada proses rekrutmen anggota KPU Sukoharjo yang baru sekarang karena berbagai faktor. Salah satunya seperti adanya anggapan dari masyarakat sebagai penyelenggara pemilu sangat berat. Selain itu juga karena tugas yang harus dijalani dan persaingan saat proses rekrutmen sangat berat.

Faktor yang tidak kalah penting yakni adanya aturan berkaitan dengan penguasaan tentang penyelenggaraan pemilu. Sebab calon anggota KPU Sukoharjo harus memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan pemilu seperti sebagai PPK, PPS dan lainnya.

Aturan itu dianggap masyarakat sulit karena tidak semua memiliki pengalaman menjadi penyelenggara pemilu. Karena itu, Kuswanto  memperkirakan kondisi itu membuat masyarakat mengurungkan niatnya mendaftar dalam proses rekrutmen anggota baru KPU Sukoharjo.

"Proses rekrutmen anggota baru KPU Sukoharjo sekarang sangat sepi peminat. Tidak lebih dari separuh dibanding periode sebelumnya. Sekarang hanya ada sekitar 43-an orang padahal saat rekrutmen sebelum ini ada lebih dari 100an orang," ujar Kuswanto.

Para pendaftar anggota baru KPU Sukoharjo tersebut harus datang sendiri mengantar dan mengumpulkan berkas pendaftaran. Syarat yang harus dikumpulkan seperti ijazah sekolah, surat keterangan dari pengadilan, pas foto diri, foto copi Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat pernyataan dan lainnya.

Meski pendaftar sangat minim namun mereka yang sudah mendaftarkan diri berkasnya diterima dan tetap akan diproses. Selain itu pendaftar sekarang juga telah memenuhi kuota minimal sebanyak 40 orang.

Berkas para pendaftar anggota baru KPU Sukoharjo tersebut diserahkan ke Timsel yang telah dibentuk. Selanjutnya akan dilakukan proses seleksi untuk memilih anggota KPU Sukoharjo yang baru.

"Nanti yang akan diambil hanya lima orang saja sesuai komposisi kebutuhan KPU Sukoharjo. Prosesnya masih panjang karena ada beberapa tahapan," lanjutnya.

Rekrutmen anggota baru KPU Sukoharjo yang digelar sekarang nantinya akan bertugas pada penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang. Sedangkan masa jabatan anggota KPU Sukoharjo sekarang akan habis pada Oktober mendatang. (Mam)

Tulis Komentar Anda