Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 12 Juli 2018 / 20:27 WIB

Tanaman Ini Jadi Pakan Ternak Andalan

SEMARANG, KRJOGJA.com - Tanaman pakan ternak jenis Indigofera Zollingeriana (IZ) dikembangkan dan dibudidayakan di atas lahan 2 hektare di Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Inisiatif ini dilakukan oleh, Riyadi (37) yang juga dikenal sebagai Ketua Forum Tani Muda Jateng (FTMJ).

Riyadi, Kamis (12/07/2018) menceritakan usaha sentra pembibitan rumput dan legume ini, konsepnya pembibitan dan berangkat dari observasi hasil ternak  di Jateng yang kurang maksimal. Penyebabnya adalah  pakan ternak yang  kurang bagus.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Saya bertemu dengan salah satu profesor dari IPB Bogor dan akhirnya menemukan tanaman jenis indigofera zollingeriana(IZ).  Daam riset memiliki nutrisi/protein hingga 30 persen bagi ternak khususnya sapi potong dan sapi perah," jelas Riyadi kepada Krjogja.com.

Riyadi mengakui saat ini bermitra dengan IPB,  termasuk dengan Dirjen Peternakan, dinas perternakan  provinsi maupun kabupaten untuk mendukung pengembangan  pakan ternak yang berkualitas.

Kepala Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Sumarjo menuturkan mendukung penuh usaha warganya yang sekarang ini tanaman IZ tersebut sudah memasuki pasar di Jawa Barat dan Jawa Timur maupun Jawa tengah. (Sus)