Obor Asian Games 'Mampir' Yogya, Begini Pengamanannya

Istimewa


YOGYA, KRJOGJA.com - Obor Asian Games bakal mampir ke Yogyakarta 17-18 Juli 2018 mendatang. Obor yang membawa api awal mula dari India akan disatukan dengan Api Abadi Merapen sebelum nantinya dikirab keliling kota-kota di Indonesia dan berakhir di Jakarta-Palembang sebagai tempat penyelenggaraan. 

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut obor yang terakhir singgah di Indonesia 1962 lalu. Salah satu sisi yang diperkuat adalah keamanan di mana Polda DIY bertanggungjawab atas sisi paling penting tersebut.  Polda DIY pun bersiap melakukan pengamanan bersama TNI dan masyarakat. Nantinya, ada pelari yang mengiringi perjalanan obor tersebut di beberapa kota setelah turun di Bandara Adisutjipto. 

BACA JUGA :

Dian Sastro dan Mikha Tambayong Bakal Bawa Kirab Obor Asian Games

Asian Games Bakal Digelar, Pasokan Listrik Jadi Kendala?

“Kami siap mengkondisikan jalannya Asian Games tanpa halangan apapun termasuk saat obor tiba dari India 17 Juli nanti. Polda DIY akan melakukan pengamanan maksimal bersama TNI dan masyarakat,” ungkap Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto ketika bertemu wartawan di agenda syawalan bersama wartawan Pemda DIY Kamis (12/7/2018). 

Terkait pengamanan pawai obor nantinya, Polda kini terus melakukan koordinasi dengan pihak panitia. “Titik lintasnya di mana saja nanti polisi menyesuaikan dan saat ini terus dilakukan koordinasi antar instansi. Kami harus pastikan DIY aman,” sambungnya. 

Bersama obor Asian Games, direncanakan beberapa legenda olahraga Indonesia akan turut serta berlari di rute yang akan ditempuh. Pesta olahraga terakbar di Asia ini menjadi sebuah hal penting bagi Indonesia untuk bisa sukses sebagai penyelenggara. (Fxh)

 

 

 

Tulis Komentar Anda