Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 12 Juli 2018 / 20:52 WIB

Pelaku KUBE Terima Bantuan Modal Rp 1,2 Miliar

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 60 pelaku Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Purworejo menerima bantuan modal usaha dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp 1.200.000.000.

Mereka merupakan kelompok dari golongan fakir miskin perkotaan yang membutuhkan bantuan modal untuk melakukan kegiatan usaha. Namun dari 60 KUBE itu baru 15 KUBE yang telah membuka rekening bank.

“Semua bantuan akan disalurkan melalui rekening bank yang kami tunjuk, dan setelah ditransfer harus segera diambil, maksimal sebelum bulan Desember. Jika tidak maka dana akan kembali ke kas negara,” kata Direktur Penanganan Kemiskinan Perkotaan Kemensos Drs Mumu Suharlan MSi dalam pembinaan KUBE fakir miskin perkotaan calon penerima bantuan Kemensos di Aula Dinas Sosial Purworejo, Kamis (12/6).

Dalam melaksanakan kegiatan usaha menurut Mumu Suharlan, setiap kelompok yang menerima dana Rp 20.000.000, maksimal tiga jenis usaha, sebab jika terlalu banyak maka penanganannya kurang fokus, dan bahkan bisa menghambat usaha. “Bantuan ini sifatnya untuk pengembangan usaha, tidak dikembalikan namun harus bisa dikembangkan untuk usaha dan kesejahteraan bersama,” jelasnya.

Mumu Suharlan juga mengingatkan, agar bantuan ini tidak diselewengkan, tidak dipotong sekecil apapun termasuk uang transport, konsumsi dan lainnya yang tidak tertuang dalam proposal yang diajukan.(Nar)