Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 12 Juli 2018 / 18:10 WIB

Masa Orientasi Harus Kreatif dan Edukatif

JAKARTA, KRJOGJA.com - Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad berharap sebaiknya MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) dikenalkan kepada kelebihan sekolah baru dimana siswa diterima.

"MOPDB merupakan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan di awal tahun pelajaran baru. Tujuan utama dari MOPDB adalah untuk pengenalan lingkungan sekolah guna mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional," ungkap Hamid Muhamad saat diihubungi di Jakarta Kamis (12/07/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Karena itu, Hamid menjelaskan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan.

BACA JUGA :

Mendikbud Minta Hardiknas Jadi Momentum Instrospeksi Diri

PPDB 2018 Langgar Hak Anak Bersekolah di Negeri

 

Pedoman Masa Orientasi Peserta Didik Baru ini telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Peraturan Menteri (Permendikbud) Nomor 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah. Sejak diterbitkannya Pedoman MOPDB pada tahun 2016 .

Dengan adanya perubahan nama tersebut, diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat luas mengenai pelaksanaan MOS dahulu yang dikenal dengan banyaknya perpeloncoan dan banyak terjadi pelanggaran. Untuk Pedoman MOPDB tahun ajaran 2017/2018 dan pada tahun ajaran tersebut akan dikenal dengan nama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). (Ati)