Minuman Ini Tidak Kalah Bahaya dari Susu Kental Manis

Ilustrasi. Foto: Dok

ADA polemik susu kental manis seolah membuat masyarakat harus menjauhi produk itu saja. Padahal ada beberapa produk minuman kemasan lain yang serupa bahayanya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Pada dasarnya aneka produk minuman kemasan tersebut memang praktis dikonsumsi, tapi belum tentu sehat bagi tubuh. Sebab, rata-rata produk tersebut mengandung tinggi gula, serta diklaim nutrisinya mirip seperti bahan dasarnya. Masyarakat tentu kerap mengabaikan kebiasaan konsumsi minuman kemasan itu, bahkan bisa setiap hari.

Misalnya saja jus buah kemasan, klaim dari produk tersebut dan ilustrasinya seolah penuh dengan kandungan buah atau sari buah. Tetapi sebenarnya isi dari minuman tersebut lebih banyak kandungan gula daripada sari buahnya.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun menanggapi polemik tersebut. Selain mengimbau agar masyarakat untuk membatasi konsumsi susu kental manis seperti yang digembor-gemborkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), diminta pula untuk memperingatkan produsen minuman kemasan lainnya demi melindungi masyarakat.

"Sebaiknya BPOM jangan tebang pilih, jangan hanya terfokus pada produk susu kental manis saja. Sebenarnya banyak sekali produk makanan dan minuman kemasan atau merk, yang juga setipe," ujar Ketua YLKI Tulus Abadi, lewat siaran persnya, Rabu (11/7/2018).

Sebab, selama ini masyarakat jelas menyukai aneka produk minuman kemasan yang sesungguhnya memicu bahaya bagi kesehatan. Rata-rata produk tersebut mengandung tinggi gula yang tidak baik jika sering dikonsumsi.

Terlebih bagi anak-anak, selalu ketagihan bila diberi minuman tersebut meski hanya sedikit. Karena itu, orangtua jangan memberi produk minuman kemasan itu sejak usia balita. Mereka bisa kecanduan hingga dewasa, yang jelas efeknya memicu penyakit kronis.

“Berbagai jenis dan merek minuman yang sangat digemari anak-anak, yang kandungan gulanya sangat tinggi, seperti produk susu kental manis. Ini harus segera ditertibkan oleh BPOM, sebagaimana produk susu kental manis,” tambah Tulus.

Adapun produk minuman kemasan lain yang harus dibatasi konsumsinya ialah teh kemasan, kopi saset, air kelapa dalam kemasan, susu UHT dengan perasa, minuman berenergi, minuman isotonik, minuman sari buah, yoghurt dengan perasa buah, dan lain sebagainya. (*)

 

Tulis Komentar Anda