DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 12 Juli 2018 / 15:32 WIB

Rail Clinic Hadir di Stasiun Patukan Gamping

SLEMAN. KRJOGJA.com -  Rail Clinic dan Rail Library disambut antusias ratusan warga sekitar stasiun saat menyambangi Stasiun Patukan Kecamatan Gamping Sleman, Kamis (12/07/2018). Usai dilakukan seremonial pembukaan, petugas program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 ini langsung melakukan pemeriksaan kesehatan gratis pada warga.

Menurut Deputi Daop 6 Nathan Marihotua Siahaan, layanan kesehatan gratis itu meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium serta pelayanan kefarmasian. "Rail Clinic dan Rail Library di Stasiun Patukan ini sebagai bagian dari CSR serta bukti nyata BUMN hadir untuk negeri. Disamping itu juga untuk mendukung program pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan pada masyarakat," terangnya.

Dijelaskan, dalam satu rangkaian kereta api ini terdiri tiga gerbong untuk pelayanan kesehatan dan satu gerbong lagi digunakan sebagai perpustakaan. Jadi disamping memberikan layanan kesehatan, pihaknya juga menyediakan enam layar komputer untuk sarana edukasi pada masyarakat terutama anak-anak. Ada buku-buku bacaan serta video yang diharapkan mampu meningkatkan wawasan anak sekolah.

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6 menambahkan, dipilihnya stasiun ini karena memang pemukiman di sekitar cukup padat, sedangkan fasilitas kesehatan belum begitu banyak. Tujuan lain ialah dalam rangka mengenalkan masyarakat tentang layanan dan keberadaan dari PT KAI. Tak hanya itu saja, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Gamping 1 juga memberikan penyuluhan kesehatan. (Adk)