Ruas Jalan Perbatasan Sragen Dibeton

Bupati Sragen, Yuni Sukowati, melanjutkan safari keliling pengecoran perdana proyek pembenahan infrastruktur di Sambirejo. (Foto : Said Masykuri)

SRAGEN, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen memprioritaskan perbaikan infrastruktur jalan di sejumlah titik yang berbatasan dengan kabupaten lain. Sejumlah titik jalan yang diperbaiki itu di antaranya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karanganyar, Ngawi, Boyolali, dan Grobogan.

Salah satu yang menelan anggaran cukup besar yaitu perbaikan Jalan Musuk-Pilang, Kecamatan Sambirejo yang berbatasan dengan Karanganyar sepanjang tiga kilometer, dengan kontruksi cor beton. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, melakukan pengecoran perdana proyek dengan pagu anggaran sekitar Rp 4,7 miliar, Kamis (12/07/2018).

Yuni didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sragen, Dedy Endriyatno, Sekda Tatag Prabawanto, dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Dalam sambutannya orang nomor satu di Bumi Sukowati tersebut meminta masyarakat ikut mengawasi proses perbaikan jalan yang dilakukan kontraktor.

Bila ditemukan indikasi pengerjaan proyek tak sesuai bestek dia meminta masyarakat agar melapor kepada pengawas proyek atau pejabat Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR). "Tolong diawasi bersama agar pengerjaan proyek sesuai perencanaan dan selesai sesuai target. Setelah jadi nanti tolong juga agar dirawat bersama," ujar Yuni.

Yuni menjelaskan tahun ini Pemkab Sragen menggelar banyak proyek pembenahan infrastruktur jalan dan jembatan. Dengan anggaran infrastruktur jalan yang mencapai Rp 307 miliar, dibutuhkan komitmen bersama untuk mengawal perbaikan tersebut sesuai bestek.

Sementara Kepala DPUPR Sragen, Marija menambahkan, dari total anggaran infrastruktur jalan tahun ini, sebagian memang diarahkan untuk pembenahan jalan di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain. Dia mencontohkan perbaikan jalan di wilayah Kecamatan Sambirejo tahun ini yang mencapai sembilan ruas jalan. Anggaran yang dialokasikan untuk sembilan ruas jalan itu Rp 27,7 miliar.

"Tahun ini ada sembilan ruas jalan di Sambirejo yang kami sasar perbaikan. Semua kami targetkan selesai bulan September 2018. Selain wilayah Sambirejo, kami prioritaskan anggaran di wilayah-wilayah perbatasan seperti di perbatasan Boyolali, Grobogan, Karanganyar, dan Ngawi. Ruas jalan yang belum tersentuh perbaikan tahun ini kami agendakan tahun depan," tandas Marija. (Sam)

Tulis Komentar Anda