Parkir Sembarangan di Sarkem, Siap-siap Ban Motor Digembosi

Petugas melakukan penggembosan ban motor yang terparkir di bahu Jalan Pasar Kembang. (Foto : FX Harminanto)

YOGYA, KRJOGJA.com - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta bersama petugas Kepolisian menggelar razia parkir liar di Jalan Pasar Kembang (Sarkem), Kamis (12/07/2018) siang. Tidak main-main, kendaraan yang kedapatan parkir di bahu jalan dan tidak mengindahkan papan larangan langsung ditindak tegas berupa penggembosan ban.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub Kota Yogyakarta Sugeng Sanyoto mengatakan sebulan terakhir pihaknya telah melakukan ujicoba pemasangan water barrier dan papan tanda larangan parkir di sepanjang Jalan Pasar Kembang. Namun, masih saja banyak pengguna kendaraan yang tidak taat dan tetap memarkirkan tunggangan di bahu jalan yang berakibat tersendatnya arus lalu-lintas.

Baca juga :

Jalur Pedestrian Sarkem Penuh Sampah, Ini Tanggapan Pemkot Yogya

Tiga Pemuda Keroyok Warga Dekat Sarkem Hingga Tewas

“Mulai hari ini kami lakukan penegakan karena sosialisasi sudah terus kami lakukan termasuk melalui pengeras suara PT KAI. Kami lakukan penilangan, penggembosan dan penggembokan kendaraan yang nekat parkir,” tegasnya.

Alasan kepadatan lalu-lintas yang tak jarang menyebabkan tersendatnya arus menjadi penyebab utama keputusan penegakan larangan parkir di Jalan Sarkem. “Sering kali tersendat, ketidaklancaran arus lalu-lintas terjadi di sepanjang Jalan Pasar Kembang, termasuk di timur di mana ada penyempitan jalan atau bottle neck,” sambungnya.

Sementara terkait juru parkir liar yang kerap muncul di lokasi-lokasi tersebut, Dishub telah menjalin kerjasama dengan Satpol PP Kota Yogyakarta dan Dinas Sosial untuk melakukan penindakan komprehensif. “Kalau jukir tidak bawa KTP, langsung kami anggap gelandangan dan dibawa ke panti sosial. Ini upaya tegas agar mereka jera, karena selama ini mereka hanya berkilah saja tidak bawa KTP atau tanda pengenal lainnya,” pungkas Sugeng. (Fxh)

Tulis Komentar Anda