SMA Pinggiran Masih Buka Pendaftaran

KULONPROGO, KRJOGJA.com - SMAN 1 Kokap dan SMKN 1 Kokap masih membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018. Hingga tahapan pendaftaran ulang berakhir, daya tampung peserta didik baru di sekolah pinggiran tersebut belum terpenuhi. Hal tersebut terungkap dari pemantauan satu hari pascahari terakhir tahapan pendaftaran ulang bagi peserta didik baru yang diterima dalam seleksi online PPDB SMA/SMK negeri di Kecamatan Kokap, Rabu (11/07/2018).

”Terus terang sekolah masih menerima pendaftaran PPDB. Sesuai Pergub (Peraturan Gubernur) DIY tentang Pedoman PPDB 2018, bagi sekolah yang belum terpenuhi daya tampungnya, boleh menerima peserta didik baru sampai satu hari kerja sebelum hari pertama masuk sekolah,” ujar Sudarsana.

Baca juga :

Zonasi Diterapkan, KBM-SKS di SMP Tetap Dipertahankan

Mendikbud Akui Sistem Zonasi Temui Hambatan

Menurutnya, SMAN 1 Kokap melaksanakan PPDB online, sama seperti SMA/SMK negeri lain. Sistem PPDB online berpotensi merugikan sekolah pinggiran. Pendaftar tidak diterima di sekolah pilihan pertama, belum tentu mendaftar ulang ke sekolah yang diterima di pilihan kedua atau pilihan ketiga. SMAN 1 Kokap menerima tiga kelas atau sebanyak 96 peserta didik baru.

Melalui PPDB online, sebanyak 6 pendaftar dari sekolah lain yang diterima di SMAN 1 Kokap. Sampai batas waktu akhir pendaftaran ulang, pendaftar tidak mendaftar ulang ke SMAN 1 Kokap.

”Makanya sekolah masih membuka pendaftaran PPDB. Sebanyak 6 pendaftar di sekolah lain yang jelas diterima di SMAN 1 Kokap tidak mendaftar ulang,” jelasnya.

Panitia PPDB SMKN 1 Kokap, Ahmad Nurudin ditemui terpisah mengungkapkan sekolahnya juga masih menerima pendaftaran PPDB. Melalui seleksi PPDB online hanya mendapat 129 dari daya tampung lima kelas atau sebanyak 160 peserta didik baru.

Daya tampung tiga kelas untuk program kejuruan Desain Komunikasi Visual, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan dan jurusan Akuntansi sudah terpenuhi. Masih kekurangan sebanyak 31 peserta didik baru untuk jurusan Perhotelan dan jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil.

”Sekolah masih menerima pendaftaran untuk jurusan Perhotelan dan jurusan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil. Perhotelan baru terisi 23 dan Kriya Kreatif Batik dan Tekstil baru terisi 10 siswa baru,” jelas Ahmad Nurudin. Jumlah pendaftar di SMKN 1 Kokap mengalami peningkatan dibandingkan seleksi PPDB tahun sebelumnya. (Ras)

Tulis Komentar Anda