Gaya Hidup Agregasi    Kamis, 12 Juli 2018 / 06:48 WIB

Perhatian! Jangan Buang Bagian Paling Bermanfaat dari Buah dan Sayur Ini

SAAT makan sayur dan buah tertentu biasanya masyarakat membuang beberapa bagiannya, dengan alasan hanya makan bagian dagingnya saja agar terjaga kebersihannya. Padahal, tidak semua bagian sayur dan buah yang dibuang itu kotor atau tidak terpakai, malah sebaliknya memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik ketimbang bagian buah atau dagingnya.

“Potongan-potongan yang cenderung Anda buang, yang lebih keras, lebih gelap, bagian luar dari sayuran hijau, cenderung lebih tinggi dalam senyawa, seperti flavonoid dan karotenoid, yang memiliki efek inflamasi dan antioksidan,” kata ahli diet Helen Bond.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Berikut bagian-bagian dari buah, sayuran, dan bawang yang sebaiknya tidak Anda buang, dilansir dari Daily Mail, Selasa (10/7/2018):

1. Daun stroberi

Salah satu bagian buah yang sering dibuang karena dianggap tidak bermanfaat adalah daun pada bagian atas stroberi. Daun yang kerap dibuang tersebut padahal bisa dibuat teh herbal yang kandungan antioksidannya tinggi. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyakit jantung.

2. Kulit bawang bombay

Quercetin ternyata terdapat lebih banyak 48 kali di dalam kulit bawang bombay. Quercetin ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti histamin yang bisa mengurangi gejala demam, membantu menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

3. Ujung hijau bawang merah

Ujung hijau yang ada pada bawang merah ini sebenarnya mengandung vitamin B dan folat yang penting untuk energi. Makan keseluruhan bagian bawang Anda akan mendapatkan 54 mikrogram folat, betakaroten sekira seperdelapan kebutuhan harian, dan vitamin A yang meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Inti nanas

Bagian yang paling keras ada pada paling dalam buah nanas ternyata kaya akan bromelain, enzim pencerna protein, yang berkhasiat untuk menyehatkan sistem pencernaan secara alami. Inti nanas ini baik dikonsumsi setelah makan daging.

5. Kulit terluar kol/kubis

Potong dan tumis kol atau kubis bersama kulit terluarnya bisa membuat tubuh Anda merasakan manfaatnya. Karena jauh lebih tinggi kandungan karotenoid yang ada pada kulit terluar hingga 50 kali lebih tinggi dari pada bagian lainnya, menurut data kesehatan masyarakat Inggris.

6. Kulit kiwi

Jika hendak makan kiwi habiskanlah beserta kulitnya, karena kandungan vitamin E dan folatnya tinggi. Kiwi sekira 80 gram mampu menyediakan sekira seperdelapan asupan vitamin E untuk tubuh dan seperenam dari kebutuhan folat harian. Kedua zat ini bisa meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi, folat juga membantu hilangkan kelelahan. (*)