HUT BHAYANGKARA KE 72 POLRES BANTUL

Kapolres Komitmen Jaga Bantul Aman dan Nyaman

AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK SH MH. Foto: Sukro Riyadi

BANTUL, KRJogja.com - Momentum HUT Bhayangkara ke-72 dijadikan pijakan Polres Bantul meningkatkan kewaspadaan agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terjaga. Tentu untuk mencapai hal itu harus dibangun komunikasi dengan masyarakat, tokoh agama, TNI hingga Muspida. Kemitraan tersebut sangat penting dilakukan agar Kamtibmas dapat dipantau secara bersama–sama.

“Karena wilayah kita di Bantul, tentu saya tidak akan bicara dalam ruang lingkup yang luas, tetapi untuk Kabupaten Bantul saja,” ujar Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH disela upacara peringatan Hari Bhayangkara di Polres Bantul, Rabu (11/7).

Dengan  kondisi sekarang ini tentu sebagai anggota Polri tidak boleh berpuas diri. Pencapaian dalam pengendalian situasi Kamtibmas harus selalu dipertahankan. Menurut Sahat, khusus di Kabupaten Bantul ini, wilayah yang perbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta jadi perhatian. Karena wilayah tersebut sangat berpotensi terjadinya tindak kejahatan.

"Kami dari kepolisian tidak bisa sendirian menjaga situasi Kamtibmas, masyarakat, tokoh agama dan masyarakat, Muspida, TNI dan semua elemen sangat kita butuhkan untuk saling kerjasama menjaga Bantul ini tetap aman," ujar Sahat. Meski begitu kewaspadaan harus ditingkatkan  baik di daerah perbatasan kota dan kecamatan lainnya  Polisi tidak membedakan antara wilayah satu dengan lainnya, tetapi memang ada perbedaan tingkat kerawanannya.

Densus Tangkap Terduga Teroris di Sumberadi

Densus Sita Pedang dan Panah dari Kontrakan Terduga Teroris di Sumberadi
 

Sementara Kapolsek Banguntapan Bantul Kompol Suhadi SH MH mengoptimalkan peran Bhabinkamtimbas disetiap desa untuk menjaga situasi aman. Personel tidak cukup datang ke desa untuk menjalankan tugasnya. Namun ada kewajiban lainnya, yakni ikut memantau situasi di wilayah desa binaan masing-masing. 

“Jangan setelah pulang ke rumah tidur, Bhabinkamtibmas di Polsek Banguntapan ada kewajiban memantau ke dearah binaan masing-masing,” ujarnya. Kebijakan itu dinilai sangat efektif  untuk menekan tindak kejahatan ditengah masyarakat. Jika perlu mengingatkan masyarakat ketika kendaraan masih diluar rumah sementara hari sudah larut. (Roy) 

 

 

Tulis Komentar Anda