Jadi Tuan Rumah Pekan Air Internasional Asia ke-2, Sukses Indonesia Jadi Perhatian

Ilustrasi (Foto:doc)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah pada gelaran Pekan Air Internasional Asia ke-2 (The 2nd Asia International Water Week) diselenggarakan pada 3-7 Oktober 2020 di Yogyakarta.

Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Firdaus Ali dalam keterangannya mengatakan,‎ dipilihnya Indonesia berdasarkan Kick off Meeting yang dilaksanakan pada Singapore International Water Week 2018 di Marina Bay Sands Convention Center, Selasa 10 Juli 2018, kemarin.

"Kick off Meeting ini membicarakan tema dan topik apa saja yang akan dibahas pada The 2nd AIWW 2020 di Yogyakarta nanti. Indonesia punya target melalui The 2nd AIWW 2020 menjadi salah satu water hub di Asia," ujar dia, Rabu (11/7/2018).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Vice President Asia Water Council (AWC)‎ ini, sudah saatnya para pemimpin dunia dan pemerintah memusatkan perhatiannya pada masalah sumber daya air yang merupakan solusi penting dari beberapa masalah yang berkaitan dengan kelanjutan pembangunan.

"Keberadaan AWC menjadi semakin penting bagi solusi masalah air di Asia, bersamaan dengan meningkatnya permintaan internasional terhadap strategi baru dan tindakan lebih lanjut dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” kata dia.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Firdaus, AWC melakukan pelaksanaan proyek air berdasarkan sejumlah prinsip utama, yaitu pendekatan holistik, terpadu, transparan, ekonomi, dan ekologis.

"Implementasi yang tepat adalah kunci keberhasilan AWC. Hanya implementasi yang tepat yang akan memastikan bahwa daya saing, kesehatan dan keanekaragaman hayati kita tidak terancam,” ungkap dia.

Selain itu, gelaran ini juga akan dijadikan untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia. Untuk itu Firdaus mengundang para delegasi secara resmi untuk menghadiri Pekan Air Internasional Asia ke-2 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada Oktober 2020.

“Saya ingin menyambut para delegasi semua untuk mengunjungi Indonesia yang kaya. Sebuah negara kepulauan yang memiliki  lebih dari 15 ribu pulau, di mana air memiliki nilai penting bagi negara ini," ujar dia.(*)

Tulis Komentar Anda