Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 11 Juli 2018 / 17:55 WIB

Belum Ada Parpol Daftar Caleg, KPU Sukoharjo Kurang Sosialisasi?

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Belum ada satupun partai politik (parpol) mendaftarkan   dan mengumpulkan berkas calon anggota legislatif (caleg) tampil di Pileg 2019. Penutupan pendaftaran dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo pada 17 Juli nanti. Parpol saat ini masih disibukan dengan kegiatan kelengkapan berkas dari masing masing caleg.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Rabu (11/7/2018) mengatakan, pendaftaran terhadap caleg yang akan tampil dalam Pileg 2019 sudah dilakukan KPU Sukoharjo sejak Rabu (4/7/2018) dan selama 14 hari kedepan atau maksimal penutupan Selasa (17/7/2018). Sampai Rabu (11/7/2018) belum ada satupun parpol yang mendaftarkan dan mengumpulkan berkas para calegnya yang akan tampil dalam pemilu tahun depan.

Kondisi seperti ini sudah diperkirakan KPU Sukoharjo karena parpol masih melakukan persiapan khususnya pemberkasan dari para caleg. Sebab caleg sekarang masih disibukan mengumpulkan kelengkapan berkas yang harus dilengkapi sebagai syarat tampil dalam Pileg 2019.

KPU Sukoharjo memperkirakan pendaftaran dan pengumpulan berkas caleg akan dilakukan parpol dalam waktu dekat sebelum penutupan. KPU Sukoharjo masih memberikan kesempatan waktu maksimal 17 Juli nanti.

"Belum ada satupun parpol mendaftarkan calegnya ke KPU Sukoharjo. Kemungkinan akan dilakukan Parpol dalam waktu dekat. Sebab pendaftaran ditutup 17 Juli nanti," ujar Kuswanto.

Meski belum mendaftar namun sudah ada beberapa parpol melakukan konsultasi ke KPU Sukoharjo berkaitan dengan pendaftaran caleg. Parpol ingin memastikan apa saja yang harus dikumpulkan ke KPU Sukoharjo. Beberapa syarat itu berkaitan dengan kelengkapan berkas seperti SKCK, hasil tes kesehatan dan lainnya.

Ketua DPD Partai Golkar Sukoharjo Giyarto mengatakan, DPD Partai Golkar Sukoharjo belum mengumpulkan berkas pendaftaran ke KPU Sukoharjo. Berkas masih dipersiapkan dan segera dikumpulkan dalam waktu dekat sebagai kelengkapan syarat mengikuti Pileg 2019.

DPD Golkar Sukoharjo mencatat sekitar 90 persen berkas dari calegnya sudah lengkap. Sedangkan 10 persen sisanya akan dilengkapi dalam waktu dekat.

"Persiapan masih kami lakukan dan segera dimatangkan. Setelah ini tinggal ke KPU untuk mendaftar," ujar Giyarto.

Giyarto mengatakan, kelengkapan berkas dari para caleg memang sangat banyak dan butuh proses lama. Karena itu para caleg butuh waktu cukup panjang untuk menyelesaikan semuanya. Syarat tersebut seperti SKCK dan surat keterangan dari pengadilan.

Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, DPC PDIP Sukoharjo berkas pendaftaran sudah dikumpulkan para caleg ke kantor DPC PDIP Sukoharjo. Namun berkas tersebut belum bisa langsung dikumpulkan ke KPU Sukoharjo karena DPC PDIP Sukoharjo masih menunggu turunya daftar nomor urut caleg dari DPP PDIP.

Begitu DPP PDIP menurunkan daftar urut nomer caleg PDIP Sukoharjo maka akan langsung didaftarkan ke KPU Sukoharjo. "Kami masih menunggu kebijakan dari DPP PDIP soal nomor urut caleg. Setelah itu baru akan mendaftar ke KPU Sukoharjo," ujar Wawan Pribadi.

DPC PDIP Sukoharjo berharap pendaftaran ke kantor KPU Sukoharjo segera dilakukan sebelum batas waktu 17 Juli. Hal itu dilakukan sebagai persiapan dan antisipasi apabila ada kesalahan atau kekurangan berkas caleg. (Mam)