CPNS 2018 Segera Dibuka, Nih Bocoran Formasinya

ilustrasi (Okezone.com)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pemerintah segera membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Rencananya seleksi CPNS 2018 akan mulai diumumkan pada akhir bulan Juli 2018 ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, untuk formasinya nantinya akan diutamakan untuk mengisi pegawai di daerah. Utamanya adalah untuk yang berada di daerah terluar, tertinggal dan terdepan.

"Saya sampaikan bahwa kebijakan penetapan formasinya diutamakan untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, terdepan," ujarnya dalam acara pembukaan rapat koordinasi BKN, di ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

BACA JUGA :

Pendaftaran CPNS Segera Dibuka, Pastikan Berkas Ini Sudah Siap

Mau Daftar CPNS? Begini Cara Membuat Kartu Pencari Kerja

Asman juga menambahkan, jika formasi yang akan dibuka pun beragam. Yang pertama adalah diutamakan formasi untuk mendukung pelayanan seperti tenaga pendidikan, kesehatan dan juga infrastruktur.

"Prioritasnya untuk membidik bisa pelayanan dasar yaitu pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Insyallah nanti penerimaan guru, tenaga kesehatan jadi prioritas kita," ucapnya.

Selain itu, rekruitmen CPNS 2018 ini juga akan membuka formasi khusus anak-anak bangsa yang berkarier di luar negeri (diaspora). Mengenai formasi khusus ini , pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri.

"Jadi anak-anak kita yang pintar di luar negeri, Diaspora-Diaspora kita prioritaskan kalau mau menjadi PNS. Mudah-mudahan dengan bercampurnya tenaga-tenaga ini akan memperbaiki lagi struktur ASN kita ke depan," jelas Asman

"Kemudian para Diaspora ini diharapkan mampu mendeskripsikan kompetensinya sehingga dapat mengakselerasi kinerja perintah," imbuhnya.

Belum cukup sampai di situ, pada tahun ini pihaknya juga akan membuka formasi khusus para atlet. Namun atlet yang dimaksud adalah mereka yang benar-benar berprestasi dan bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di kancah dunia.

"Kalau mereka mau jadi ASN, kita prioritaskan jadi ASN. Itu bisa menjadi instruktur nasional, pelatih nasional, termasuk juga punya kompetensi bisa juga kita salurkan kompetensinya," kata Asman.

Lalu yang terakhir lanjut Asman, pihaknya akan membuka formasi khusus bagi mereka anak-anak dengan IPK Cumlaude. Nantinya mahasiswa dengan lulusan cumlaude akan diberikan prioritas formasi oleh pemerintah.

"Kemudian formasi juga kita berikan pada anak-anak lulusan cumlaude. Tahun lalu kita sudah laksanakan ini, bagi anak-anak yang lulus cumlaude kita prioritaskan jadi ASN," jelasnya.

Selain itu lanjut Asman, pemerintah juga menyediakan dan membuka formasi khusus bagi mereka pengandangan disabilitas. Ada juga formasi khusus yang diberikan dan dibuka untuk putra-putri Indonesia dari Indonesia bagian timur.

"Termasuk penyandang disabilitas, serta putra-putri dari Papua yang bisa menjadi prioritas ASN," jelasnya. (*)

Tulis Komentar Anda