Basis Deteksi Dini, Polsek Sukoharjo Peringkat Ketiga

AKBP Iwan Saktiadi saat menyerahkan piagam penghargaan pada pemenang lomba HUT Bhayangkara. (wahyu imam ibadi)

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Polsek Sukoharjo Kota meraih peringkat ketiga dalam lomba penilaian Polsek Sebagai Basis Deteksi Dini Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2018. Keberhasilan tersebut menjadi kado berharga bagi Polres Sukoharjo dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara Ke-72 Tahun 2018.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (11/7) mengatakan, pencapaian yang diraih oleh Polsek Sukoharjo Kota dalam meraih gelar juara tiga sangat melegakan. Sebab persaingan dalam penilaian yang dilakukan oleh tim Polda Jawa Tengah sangat ketat. 

BACA JUGA :

Rawan Kejahatan Saat Lebaran, Polres Sukoharjo Siagakan Anggota Bersenjata

Polres Sukoharjo Bakal Dirikan Lima Pospam Lebaran

"Semua jajaran Polres di Polda Jawa Tengah mengirimkan perwakilan terbaiknya dala mengikuti lomba. Keberhasilan tersebut bisa memacu Polsek lainnya di Polres Sukoharjo untuk bisa berprestasi," ungkap Kapolres.

Dalam lomba Polsek Sebagai Basis Deteksi Dini Tingkat Polda Jawa Tengah Tahun 2018 juara pertama diraih oleh Polsekta Tugu Polrestabes Semarang, kedua Polsekta Purwokerto Timur Polres Banyumas dan ketiga Polsek Sukoharjo Kota Polres Banyumas.

"Lomba ini dimaksudkan oleh Polda Jawa Tengah agar Polsek mampu sebagai basis deteksi dini dalam segala bentuk gangguan atau ancaman. Ditingkat bawah bisa diminimalisir sebelum masalah menjadi besar," ujar AKBP Iwan Saktiadi.

Bentuk deteksi dini bisa dilakukan Polsek dengan memaksimalkan keberadaan Bhabinkamtibmas. Petugas tidak hanya bekerja di dalam kantor saja namun juga mengimplementasikannya ke lapangan.

"Bhabinkamtibmas harus mendatangi dari rumah ke rumah warga dan wilayah tugas masing masing. Dengan demikian fungsi deteksi dini dan pencegahan bisa dilakukan. Sekecil apapun masalah berkaitan dengan kamtibmas bisa masuk dan ditangani," lanjutnya. (Mam)

Tulis Komentar Anda